Pertemuan IMF-Bank Dunia Diyakini tak Terpengaruh Erupsi Gunung Agung

Suci Sedya Utami    •    Jumat, 09 Feb 2018 19:42 WIB
imf-world bank
Pertemuan IMF-Bank Dunia Diyakini tak Terpengaruh Erupsi Gunung Agung
Ilustrasi. (Foto: Antara/Nyoman).

Jakarta: Bank Dunia meyakini erupsi Gunung Agung yang sempat terjadi di Bali beberapa bulan lalu dan diramalkan bakal meletus hebat tak akan mengganggu jalannya kegiatan pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia pada Oktober 2018.

Juru Bicara Bank Dunia David Treis mengatakan meskipun pihaknya tak memiliki opsi lain untuk pemindahan tempat apabila benar terjadi letusan hebat.

Namun, David mengatakan, pihaknya percaya Pemerintah Indonesia sebagai penitia penyelenggaran tentu telah menyiapkan rencana lain apabila hal tersebut benar-benar terjadi.

"Pemerintah yang sudah menyiapkan, apa yang kami dengar dari pemerintah, letusan Gunung Agung akan mengarah jauh dari Bali, anginnya mengarah ke luar Bali," kata David dalam media briefing, di Hotel Atlet Century, Jakarta Selatan, Jumat, 9 Februari 2018.

Dia mengatakan aktivitas Gunung Agung terus dimonitor dan dilaporkan pada panitia internasional oleh pemerintah. Bahkan, kata dia, akhir-akhir ini, kabar dari aktivitas vulkaniknya cenderung membaik.

"Walaupun kita tidak bisa meralam apa yang terjadi, karena dari Oktober tahun lalu sudah memonitor angin bertiup untuk memastikan kalau terjadi apa-apa tidak mengganggu," ujar dia.

Lebih lanjut, dia mengapresiasi upaya pemerintah yang menunjukan keseriusan dalam merancang dan mengelola acara tersebut, terutama dari segi keamanan dan juga kelengkapan acara seperti tempat acara pertemuan di  Nusa Dua Conventional Centre yang sudah ada serta fasilitas infrastruktur lainnya yang memadai.

"Waktu kami persiapan di Lima venue-nya belum dibangun, sehingga saat itu kotor sekali. Indonesia cukup beruntung, punya ruang konfrensi, jadi infrastruktur yang bagus, pemerintah tidak perlu mengeluarkan uang lagi, jadi menurut saya Indonesia sudah cukup maju," jelas dia.

 


(AHL)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

1 day Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA