BI Balikpapan Perluas Program Sekolah Peduli Inflasi

   •    Senin, 20 Mar 2017 14:03 WIB
inflasibank indonesia
BI Balikpapan Perluas Program Sekolah Peduli Inflasi
Seorang wanita melintas di dekat logo Bank Indonesia (MI/PANCA SYURKANI)

Metrotvnews.com, Balikpapan: Bank Indonesia (BI) Perwakilan Balikpapan, Kalimantan Timur, memperluas program menanam cabai dalam tajuk Sekolah Peduli Inflasi pada 2017 dengan melibatkan 30 sekolah dan pondok pesantren di Kota Balikpapan dan Kabupaten Penajam Paser Utara.

"Jadi, sekarang ada 60 Sekolah Peduli Inflasi yang terlibat," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Balikpapan Suharman Tabrani, seperti dikutip dari Antara, di Balikpapan, Senin 20 Maret 2017.

Sebelumnya pada 2016, terdapat 30 SMA dan SMK di Balikpapan yang terlibat program Sekolah Peduli Inflasi, kemudian pada 2017 ditambah lagi 20 SMP dan lima pondok pesantren di Balikpapan, serta lima SMA/SMK di Penajam Paser Utara.

Sebagai penggagas, BI membagikan bibit tanaman cabai, membuat pelatihan bagaimana bertanam cabai, dan pendampingan saat bibit-bibit itu mulai ditanam di sekolah dan pesantren tersebut.

"Untuk tahun ini kami juga berikan pelatihan kewirausahaan," kata Kepala Perwakilan BI Balikpapan.

Menurutnya pelatihan kewirausahaan itu dianggap perlu. Sebab apabila diusahakan dengan benar maka bertanam cabai oleh anak-anak sekolah ini ternyata bisa menjadi usaha yang menguntungkan.

Dalam pelatihan itu, BI membantu membuat pembukuan usaha hingga mengenalkan pasar, sementara kepada perwakilan sekolah diperkenalkan aplikasi berbasis android bernama Sistem Administrasi Pencatatan Keuangan (Siapik).

 


(ABD)