Kemenkeu Cairkan Dana Talangan BPJS Kesehatan Rp3 Triliun

Achmad Zulfikar Fazli    •    Rabu, 05 Dec 2018 19:04 WIB
bpjs kesehatan
Kemenkeu Cairkan Dana Talangan BPJS Kesehatan Rp3 Triliun
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani. Foto: MI/Susanto.

Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah mengucurkan dana talangan untuk BPJS Kesehatan sebanyak Rp5,2 triliun. Dana talangan untuk menambal defisit BPJS Kesehatan itu dicairkan dalam dua tahap.

"(Tahap pertama) Rp3 triliun kita cairkan hari ini," kata Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 5 Desember 2018.

Sementara, sisa dana talangan sebesar Rp2,2 triliun akan dicairkan dalam beberapa minggu ke depan. Kemenkeu bersama Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) akan terus mengevaluasi seluruh kinerja keuangan BPJS Kesehatan. Sehingga, total defisit keuangan BPJS Kesehatan betul-betul terbuka terang.

"Kita hanya memberikan waktu sampai dua bulan lah kepada BPKP untuk bekerja melakukan evaluasi keseluruhan," ucap dia.

Baca juga: BPJS Kesehatan Disuntik Dana Tambahan Rp5,2 Triliun

Kemenkeu sebelumnya telah menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 113/PMK.02/2018 tentang Tata Cara Penyediaan, Pencairan, dan Pertanggungjawaban Dana Cadangan Program Jaminan Kesehatan Nasional.

PMK ini juga merupakan payung hukum turunan dari peraturan presiden (perpres) soal pemanfaatan cukai rokok dar‎i daerah untuk menutup defisit keuangan BPJS Kesehatan.


(HUS)


Pengalihan Komando BP Batam Disebut Membuat Gaduh

Pengalihan Komando BP Batam Disebut Membuat Gaduh

1 day Ago

Pengalihan komando Pengelolaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB) Batam kepa…

BERITA LAINNYA