IMF-World Bank 2018

RI Tawarkan Investasi Hotel dan Pariwisata Total USD3,1 Miliar

Annisa ayu artanti    •    Senin, 08 Oct 2018 23:43 WIB
IMF-World Bank
RI Tawarkan Investasi Hotel dan Pariwisata Total USD3,1 Miliar
Paviliun Indonesia. (FOTO: Medcom.id/Ade Hapsari)

Nusa Dua: Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui Paviliun Indonesia menawarkan peluang investasi di sektor hotel dan pariwisata dengan total nilai USD3,7 miliar.

Staf Khusus III Menteri BUMN Wianda Pusponegoro mengatakan peluang investasi dua sektor ini akan ditawarkan kepada delegasi dan peserta pertemuan tahunan International Monetary Fund-World Bank Annual Meetings (IMF-WB) 2018). Berdasarkan data Kementerian BUMN, total nilai proyek di sektor hotel dan pariwisata mencapai USD3,6 miliar dengan peluang investasi sebesar USD3,1 miliar.

"Proyek investasi yang akan ditawarkan ke investor luar negeri dan swasta itu juga akan disampaikan dalam pertemuan pemerintah, BUMN, dan para calon investor di sela-sela pertemuan tahunan IMF-World Bank di Bali," kata Wianda dalam keterangan tertulisnya, Senin, 8 Oktober 2018.

Ia menyebutkan beberapa potensi destinasi yang ditawarkan pemerintah adalah Danau Toba, Tanjung Kelayang Belitung, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Bromo Tengger Semeru, Kawasan Candi Borobudur, Tanjung Lesung, Labuan Bajo, Taman Nasional Wakatobi, Morotai, dan Kepulauan Seribu DKI Jakarta. Kesepuluh destinasi itu disebut pemerintah sebagai '10 Bali Baru'.

Sementara untuk perhotelan, Kementerian BUMN juga menawarkan pembangunan hotel bintang lima di beberapa destinasi. Seperti di Lombok, selain Novotel yang sudah eksis saat ini tengah dibangun Hotel Pullman, Hotel Royal Tulip, dan Paramount Lombok Resort Residence.

Selain itu, kata Wianda untuk mendukung sektor perhotelan dan pariwisata pemerintah juga akan fokus membangun infrastruktur pendukung seperti pipa air bersih dan instalasi kelistrikan. Sesuai rencana, pemerintah akan menyelesaikannya tahun ini.

 


(AHL)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

2 days Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA