Jokowi Minta Bulog Jaga Harga Produksi dan Pasar

Dheri Agriesta    •    Kamis, 10 Jan 2019 11:49 WIB
stok berasbulog
Jokowi Minta Bulog Jaga Harga Produksi dan Pasar
Ilustrasi gedung Bulog. (FOTO: Medcom.id)

Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk menjaga keseimbangan harga produksi dan harga pasar.

"Keseimbangan harga produksi dan harga pasar harus dijaga oleh Bulog, tidak bisa terlalu murah karena petani akan menjerit," ujar Jokowi, di Gudang Perum Bulog Regional DKI Jakarta, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis, 10 Januari 2019.

Jokowi mengatakan stok beras Bulog yang mencapai 2,1 juta ton pada akhir Desember 2018 itu, untuk memberikan keyakinan kepada pasar. Di mana ketika Bulog dibutuhkan masyarakat, maka akan siap sedia.

"Keyakinan kepada masyarakat bahwa setiap saat diperlukan, Bulog siap stoknya. Karena biasanya kalau stok sedikit itu akan banyak spekulasi di pasar yang bermain-main dengan harga, kita tunjukkan stok memang ada dan banyak," tambahnya.

Dia menambahkan adanya operasi pasar sangat efektif mengendalikan harga. Apalagi, pada Februari dan Maret nanti sudah mulai memasuki panen raya sehingga memengaruhi suplai dari produksi di lapangan.

"Memang stabilitas (harga) itu diperlukan. Kalau kita mau harga turun secara drastis ya gampang, suplai saja semuanya ke pasar. Tapi kan harga petani, nanti petani jadi rugi," pungkasnya.

 


(AHL)


Menperin Sampaikan Kesiapan Revolusi Industri 4.0 di Swiss
World Economic Forum 2019

Menperin Sampaikan Kesiapan Revolusi Industri 4.0 di Swiss

2 hours Ago

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga menegaskan Indonesia siap menyongsong era revolusi i…

BERITA LAINNYA