Jelang Penerapan 100% Transaksi Nontunai Tol

BI Pastikan Persediaan Kartu e-Money Meningkat

Suci Sedya Utami    •    Jumat, 13 Oct 2017 15:02 WIB
transaksi non tunaiemoney
BI Pastikan Persediaan Kartu e-Money Meningkat
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) memastikan persedian kartu uang elektronik seperti e-money, Flazz, Tap-cash, Brizzi aman dan bertambah menjelang kewajiban pembayaran nontunai di gerbang tol.

Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara mengatakan BI terus bekerja sama dengan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dan perbankan untuk mempersiapkan pelaksanaan transaksi nontunai di tol.

"Jadi mengenai penyediaan kartu juga terus meningkat, jadi kartu tersedia sejalan dengan semakin bertambah presentase pengguna jalan tol yang sudah menggunakan kartu," kata Mirza di kompleks perkantoran BI, Jakarta Pusat, Jumat 13 Oktober 2017.

Mirza mengatakan bahwa pihaknya optimistis pada 31 Oktober transaksi nontunai di tol akan bisa mencapai 100 persen sesuai yang telah diamanatkan.

Sebelumnya, BPJT mencatat transaksi nontunai di tol saat ini sudah mencapai 72 persen. Ditargetkan hingga akhir Oktober sudah mencapai 100 persen.

"Progresnya sudah mencapai 72 persen per 5 Oktober," tutur Kepala BPJT Hery Trisaputra Zuna.

Hery mengatakan jika dibanding  Desember 2016, transaksi nontunai di tol baru mencapai 23 persen. Oleh karenanya, Hery memandang kenaikan ini sangat lah signifikan. Kendati baru diberlakukan 100 persen di seluruh tol di Indonesia pada 31 Oktober, namun Hery bilang ada beberapa daerah yang sudah menerapkan 100 persen.

"Denpasar, Bogor Ring Road sudah 100 persen, yang lain masih harus didorong. Tapi dengan 72 persen kami yakin 31 Oktober akan capai 100 persen," jelas Hery.

 


(AHL)