Pasar Masih Kecil, Penjualan Ritel Online Masih sebagai Pelengkap

Dian Ihsan Siregar    •    Rabu, 06 Dec 2017 12:48 WIB
ritel
Pasar Masih Kecil, Penjualan Ritel <i>Online</i> Masih sebagai Pelengkap
Ilustrasi. (FOTO: AFP)

Jakarta: Penjualan online masih belum bisa mengalahkan sistem toko atau supermarket saat ini. Pasalnya, porsi penjualan online masih sebesar 1-2 persen dari total penjualan ritel di Indonesia.

"Kalau online ritel sekarang sebagai pelengkap saja. ‎Mungkin berapa ritel mereka ingin lebih sehat secara top line dan bottom line. Apakah online mengalahkan offline ritel, itu masih belum," kata GM KeSupermarket.com Martin Setiadarma, ditemui di Gedung BEI, SCBD Sudirman, Jakarta, Rabu, 6 Desember 2017.

Martin menuturkan perkara belanja online ini sempat menjadi perbincangan hangat karena banyak yang beranggapan sistem online ritel telah membuat daya beli masyarakat melemah dalam aspek membelanjakan uangnya di toko secara fisik.

"Padahal tidak melemah. Kita yakin offline masih bagus. Kecuali di pasar luar (negeri) mungkin. Itu juga berdasarkan data online ritel di luar. Tapi, kita harus antisipasi belanja online itu," tegas Martin.

Dia mengatakan antisipasi yang dilakukan perusahaannya yang merupakan grup dari Ranch Market ini sudah membuat bisnis penjualan online ritel. Hal itu demi mengantisipasi kalangan milenial yang lebih nyaman untuk mendapatkan barang lewat gadget yang dimiliki.

"Kita sudah persiapkan bisnis online dari lama. Kita persiapkan sekarang untuk nantinya generasi milenial lebih nyaman. Itu ide yang akan kita lakukan," tegas dia.

Direktur Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI) Eny Pangabean sebelumnya mengatakan kontribusi e-commerce hanya 2,4 persen di 2017 dari total penjualan ritel di Indonesia.

"Penjualan online belum jadi disrupsi ritel, meski penjualannya meningkat. Porsinya masih 1,6 persen di 2016, dan hanya menyumbang 0,59 persen terhadap PDB sementara pada 2017 baru sekitar 2,4 persen dengan sumbangan 0,69 persen terhadap PDB," tutur Eny.

Secara nominal, Eny menyatakan, penjualan e-commerce senilai USD5,65 juta di 2016, dan meningkat 23 persen senilai USD6,96 juta di 2017. Meski kecil, pertumbuhan penjualan e-commerce memang akan terus meningkat hingga 2020.

 


(AHL)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA