Gubernur Maluku: Ketersediaan Listrik Dorong Investasi di Ambon

   •    Senin, 12 Feb 2018 20:34 WIB
investasi
Gubernur Maluku: Ketersediaan Listrik Dorong Investasi di Ambon
Illustrasi (ANT/Rivan Awal Lingga).

Ambon: Gubernur Maluku Said Assagaff menjamin ketersediaan kapasitas listrik dalam rangka mendorong investasi di kota maupun Pulau Ambon untuk mengelola aneka potensi sumber daya alam (SDA) bernilai ekonomis, baik untuk domestik maupun ekspor.

"Kapasitas listrik PT. PLN (Persero) wilayah Maluku dan Maluku Utara sebesar 120 Mega Watt (MW) dengan beban puncak hanya 60 MW sehingga strategis bagi investasi," katanya, di Ambon, dikutip dari Antara, Senin, 12 Februari 2018.

Tersedianya kapasitas listrik ini terpenuhi dengan hadirnya kapal pembangkit listrik, Karadeniz Powership Yasin Bey milik Karpowership Grup Energi Karadeniz, Istanbul, Turki yang tiba di perairan desa Waai, kecamatan salahutu, pulau Ambon, kabupaten Maluku Tengah pada 15 Maret 2017.

Kapal listrik itu berkapasitas 60 MW itu bertujuan untuk memperkuat pelayanan PT PLN dalam mengatasi kekurangan pasokan listrik di kota maupun pulau Ambon.

"Jadi tidak masalah lagi dengan kapasitas listrik yang sebelumnya sering dikeluhkan para investor yang berminat menanamkan modalnya di kota maupun pulau Ambon," ujar Gubernur.

Kapal ini sebagai solusi jangka pendek terhadap krisis listrik di berbagai daerah. Pengoperasian kapal genset ini sebagai 'jembatan' sebelum proyek listrik 35.000 MW tuntas. Kapal 'genset raksasa'  ini disewa oleh PLN untuk lima tahun ke depan dari perusahaan di Turki. Pemanfaatan kapal pembangkit listrik ini membantu daerah di Indonesia yang kekurangan listrik. Wilayah Indonesia yang merupakan kepulauan cocok untuk pembangkit listrik apung.



(SAW)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

4 days Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA