Libur Panjang, Arus Kendaraan di GT Cikarang Utama Diprediksi Naik 31,13%

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 30 Nov 2017 15:26 WIB
maulid nabi
Libur Panjang, Arus Kendaraan di GT Cikarang Utama Diprediksi Naik 31,13%
Truk melintasi gerbang tol Cikarang Utama, Bekasi, Jawa Barat. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro)

Jakarta: PT Jasa Marga Tbk (JSMR) memprediksi gerbang tol Cikarang Utama akan mengalami lonjakan arus kendaraan sebesar 31,13 persen saat arus libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW 2017.

AVP Corporate Communication Dwimawan Heru mengatakan puncak arus mudik libur panjang Maulid Nabi pada 1-3 Desember 2017 melalui GT Cikarang Utama arah Jakarta terjadi pada Kamis, 30 November 2017.

Pada hari ini volume kendaraan yang melewati Gerbang Tol Cikarang Utama akan meningkat sebanyak 98.065 kendaraan.

"Artinya, volume lalu lintas di GT Cikarang Utama naik sebesar 31,13 persen dari lalin normal sekitar 74.785 kendaraan," kata Dwimawan dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 30 November 2017.

Untuk mengantisipasi kepadatan di gerbang tol Cikarang Utama dan ruas jalan tol Jakarta-Cikampek, Jasa Marga melakukan upaya-upaya, di antaranya sinkronisasi pelaksanaan tahapan pekerjaan proyek dengan pengaturan kegiatan proyek yang berpotensi mempengaruhi kondisi lalu lintas selama periode libur panjang.

Kemudian, pendistribusian atau pengurangan beban lalu lintas pada jam sibuk dengan pengalihan rute perjalanan di tol atau ke jalan arteri alternatif.

Selanjutnya, meningkatkan kemampuan monitoring dan identifikasi pada jam-jam padat. Peningkatan kapasitas lajur dengan rekayasa lalu lintas contraflow atas diskresi pihak kepolisian.

Perseroan juga melakukan peningkatan kapasitas gerbang tol Cikarang Utama dengan menggunakan gardu reversible dan gardu portable, percepatan response time penanganan gangguan lalu lintas, pengaturan buka tutup di rest area, dan memaksimalkan fungsi media komunikasi antara lain Twitter dan JMCARe.

"Guna membantu kelancaran arus lalu lintas, Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk selalu mematuhi rambu-rambu, berkendara dengan tertib, memastikan kendaraan dalam kondisi laik jalan, serta selalu memastikan kecukupan saldo dan melakukan top up uang elektronik sebelum memasuki tol," pungkas dia.


(AHL)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA