Rumput Laut Jadi Komoditas Unggulan Perikanan

Antara    •    Kamis, 02 Jul 2015 19:04 WIB
kelautan
Rumput Laut Jadi Komoditas Unggulan Perikanan
Ilustrasi. Antara/Nyoman Budhiana

Metrotvnews.com, Jakarta: Rumput laut masih menjadi komoditas unggulan perikanan budidaya dengan total 2,1 juta ton senilai Rp4,9 triliun di 2014.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan Slamet Soebjakto mengatakan setelah Rumput Laut ada komoditas lainnya seperti ikan nila yang sebesar 149.000 ton dengan nilai produksi Rp2,5 triliun, dan bandeng yang mencapai 137.000 ton atau senilai Rp1,9 triliun.

"Rumput laut masih menjadi komoditas unggulan perikanan  budidaya. Komoditas ini menyerap tenaga kerja, memiliki pasar yang  tidak terbatas dan produksinya sangat beragam. Negara-negara didunia tidak semua bisa menghasilkan rumput laut," katanya melalui keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (2/7/2015).

Pihaknya menargetkan produksi rumput laut mencapai 10,6 juta ton pada 2015 bahkan hingga 2019 diperkirakan rata-rata pertumbuhan produksi rumput laut mencapai 16,74 persen per tahun.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada triwulan I-2015, perikanan budidaya memberikan kontribusi terbesar pada peningkatan produksi subsektor perikanan hingga 2,92 juta ton dengan nilai Rp21 triliun.

Peningkatan produksi ini mendorong peningkatan Produk Domestik Bruto (PDB) subsektor perikanan pada periode yang sama yang mencapai 8,64 persen atau lebih besar dibanding dengan peningkatan PDB Nasional yang hanya mencapai 4,7 persen.
  


(SAW)


BUMN Siap Bersinergi Bangun Kemandirian Pesantren

BUMN Siap Bersinergi Bangun Kemandirian Pesantren

1 day Ago

Menteri BUMN Rini M Soemarno menyatakan perusahaan milik negara di Indonesia siap bersinergi me…

BERITA LAINNYA