Multifungsi, Kartu Indonesia Poin untuk Pegawai BUMN

Annisa ayu artanti    •    Jumat, 14 Apr 2017 12:22 WIB
bumn
Multifungsi, Kartu Indonesia Poin untuk Pegawai BUMN
Kementerian BUMN akan meluncurkan Kartu Indonesia Poin. (FOTO: MTVN/Annisa Ayu)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meluncurkan Kartu Indonesia Poin untuk seluruh pegawai dan keluarga pegawai BUMN. Kartu multifungsi ini akan dimiliki oleh seluruh keluarga besar BUMN.

Selain untuk kartu identitas perusahaan, kartu ini berfungsi sebagai alat pembayaran (uang elektronik), sebagai alat penampung program loyalti perusahaan BUMN seperti pengumpulan, transfer, dan penggunaan poin di antara merchandise BUMN.

Kemudian, kartu ini juga bisa digunakan sebagai kartu akses ke infrastruktur perusahaan dan sebagai fasilitas layanan kesehatan.

"Jadi kartu ini fungsinya ada empat layer. Layer pertama menjadi kartu pegawai. Kalau saya di kantor, ini jadi kartu pegawai. Kemudian layer kedua ini sekaligus e-money empat bank Himbara BNI, BRI, BTN, Bank Mandiri," kata Direktur Utama Telkom Indonesia Alex Sinaga, di Hotel Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Kamis malam 13 April 2017.

Alex menjelaskan, esensi dimunculkannya kartu ini adalah untuk mendorong sinergi BUMN dan mengarahkan semua BUMN menjadi berbasis teknologi digital. Menurutnya dengan digitalisasi membuat BUMN akan menjadi kompetitif.

"Esensinya cuma dua, kenapa muncul kartu ini? Untuk mendorong sinergi seluruh BUMN. Untuk men-drive BUMN goes to digital. Dengan digital, ke depannya akan ada digital kompetitif," jelas dia.

Saat ini, Telkom mencatat baru sekitar 14.000 pegawai yang sudah menggunakan. Ia pun menargetkan tahun ini seluruh pegawai BUMN yang berjumlah sekitar 900.000 dapat menggunakan kartu ini.

"Pegawai 900.000, baru 14.000. Tahun ini semua harus sudah menggunakan kartu ini," pungkas dia.


(AHL)