Ketua DPD Berharap Kerja Sama Dagang Indonesia-Tiongkok Berjalan Seimbang

Anindya Legia Putri    •    Kamis, 18 May 2017 15:34 WIB
berita dpd
Ketua DPD Berharap Kerja Sama Dagang Indonesia-Tiongkok Berjalan Seimbang
Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang (Foto:Metrotvnews.com/Gervin Nathaniel Purba)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang ditunjuk menjadi keynote speech pada acara temu usaha perdagangan investasi pariwisata antara lndonesia, Tiongkok, dan Malaysia, yang diselenggarakan di Gedung Danapala, Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Kamis, 18 Mei 2017.

Oso, sapaan Oesman Sapta, mengatakan mengenai pentingnya kerja sama perdagangan seimbang yang terjalin antara Indonesia dengan Tiongkok. Hal tersebut dapat mendukung pertumbuhan ekonomi kedua negara.

"Saat ini, perdagangan Indonesia dengan Tiongkok masih defisit. Indonesia lebih banyak mengimpor barang dari Tiongkok. Seharusnya, ini bisa diseimbangkan," ucap Oso.

Guna mewujudkan perimbangan perdagangan antara Indonesia-Tiongkok, terdapat beberapa langkah yang bisa ditempuh, di antaranya melalui forum jalur perdagangan di level akar rumput yang berguna untuk menciptakan sistem perdagangan secara benar. Juga dengan menerapkan sistem perdagangan tanpa melalui negara ketiga atau perantara, alias hubungan dagang langsung dua negara.

"Pintu selebar-lebarnya dibuka untuk semi finishing product Indonesia. Jangan menjual material mentah Indonesia ke luar. Saya sangat mendukung kemajuan ekonomi di Indonesia. Kita tidak perlu takut berdagang kepada siapa pun di dunia ini,"  kata Oso.


(ROS)