Anak Usaha PT PP Akuisisi Kilang di Bantaeng

Annisa ayu artanti    •    Senin, 07 Aug 2017 14:36 WIB
ptpp
Anak Usaha PT PP Akuisisi Kilang di Bantaeng
PTPP. Dok:PTPP.

Metrotvnews.com, Jakarta: PT PP Energi bersama partnernya menyatakan telah mengakusisi kilang di Bantaeng, Sulawesi Selatan pada Juni 2017.

Komisaris Utama PP Energi, Abdul Haris Tatang mengatakan akuisisi kilang ini dilakukan lantaran melihat banyak permintaan (demand) bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia bagian timur. Kilang Bantaeng ini memiliki kapasitas sebesar 30.000 barel per hari (bph).

"Juni lalu, kami bersama PT Inti Perkasa mengakuisisi kilang di Bantaeng Sulawesi Selatan, kapasitasnya 30.000 bph," kata Tantang saat ditemui di Kantor BEI, Jakarta, Senin 7 Agustus 2017.

Tatang menjelaskan, setelah persiapan legal diselesaikan pada bulan lalu, perseroan telah membangun fasilitas pendukung kilang seperti tangki-tangki sedang dilakukan. Investasi yang dikeluarkan dalam akuisisi kilang ini sebesar Rp6 triliun sampai Rp7 triliun.

"(Investasi) Rp6 triliun-Rp7 triliun. Soalnya pengembangannya tidak itu saja," ucap dia.

Rencananya, kilang tersebut akan memproduksi turunan dari berbagai macam BBM, mulai dari bensin, BBM dengan kadar oktan 92, sampai aspal. Produk tersebut akan disalurkan untuk memenuhi permintaan di Indonesia bagian timur.

"(Penyerapan hasil kilang) Sebagian ke Pertamina. Kan pasar Indonesia timur kurang," imbuh dia.

Meskipun baru pertama kali melakukan akuisisi kilang, Tatang menambahkan, PP Energi akan mampu berkembang menjalankan bisinis ini. Jika berjalan lancar, rencananya kapsitas kilang Bantaeng ini akan diperbesar lagi.

Saat ini porsi saham kilang Bantaeng 49 persen untuk PT Intim Perkasa dan 51 persen untuk PT PP energi. Kedepannya porsi ini terus ditingkatkan menjadi 76:24.

 "Ini masih proses, sekarang 49:51. nantinya 76:24," pungkas dia.


(SAW)