BTN Bidik Penyaluran Kredit Konstruksi Rp25 Triliun

Desi Angriani    •    Selasa, 08 Aug 2017 12:18 WIB
btn
BTN Bidik Penyaluran Kredit Konstruksi Rp25 Triliun
Direktur Utama BTN Maryono. MTVN/Desi Anggriani.

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bank Tabungan Negara (persero) Tbk memasang target penyaluran kredit konstruksi ke pengembang perumahan sebesar Rp25 triliun pada 2017. Target tersebut lebih tinggi dari pencapaian tahun lalu sebesar Rp21,9 triliun.

Direktur Utama BTN Maryono menuturkan, kredit konstruksi yang sudah disalurkan BTN per Juni 2017 tumbuh sekitar 18,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu atau senilai Rp23,5 triliun. Angka tersebut ekuivalen dengan 263.999 unit rumah.

"Pencapaian tersebut seiring degan target BTN mengucurkan KPR untuk 666.000 unit rumah pada 2017," katanya saat menuka acara developer gathering di Hotel Kempinsky, Jakarta, Selasa 8 Agustus 2017.

Untuk mendorong penyaluran KPR, BTN meningkatkan penetrasi pasar dan digital marketing. BTN juga memberikan kredit kepemilikan lahan kepada para pengembang dengan nilai kredit yang tidak dibatasi.

"Tapi sesuai dengan kelayakan harga jual lahan plafond kredit 70 persen dari total pembelian lahan dengan maksimal lahan seluas 20 Ha," tutur dia.

Sementara itu penetrasi pasar diwujudkan dalam join marketing dengan memberikan subsidi bunga yang terjangkau bagi nasabah. Maryono pun berharap para pengembang berkontribusi lebih besar dalam mencapai target KPR BTN.

"Dengan melakukan kerja sama promosi akhirnya yang diuntungkan adalah konsumen karena biaya dan bunga menjadi lebih terjangkau," pungkas dia.


(SAW)