Darmin Pertanyakan Kekayaan Empat Miliarder RI Setara 100 Juta Orang Termiskin

Suci Sedya Utami    •    Jumat, 24 Feb 2017 16:04 WIB
kesenjangan sosial
Darmin Pertanyakan Kekayaan Empat Miliarder RI Setara 100 Juta Orang Termiskin
Menko Perekonomian Darmin Nasution. (FOTO: MTVN/Dian Ihsan Siregar)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menko Perekonomian Darmin Nasution mempertanyakan data Oxfam sebuah lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang merilis kekayaan empat miliarder Indonesia setara dengan kekayaan 100 juta orang miskin atau 40 persen penduduk.

"Artinya masa orang menguasai kekayaan sama dengan 40 persen orang miskin, ya itu saya kira perlu klarifikasi ini," kata Darmin ditemui di Kemenkeu, Jakarta Pusat, Jumat 24 Februari 2017.

Data tersebut tentu mengarah bahwa ketimpangan di Indonesia sangat besar. Padahal, kata Darmin, tingkat ketimpangan (gini rasio) terakhir yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan penurunan gini rasio dari 0,397 menjadi 0,394 di September.

Baca: Kekayaan Empat Miliarder Indonesia Setara Kekayaan 100 Juta Orang Termiskin

Darmin mengatakan, meskipun kecil penurunannya namun yang jelas mengalami perbaikan. Pemerintah pun, lanjut dirinya, terus berupaya membenahi tingkat ketimpangan agar makin mengecil.

"Memang kita sedang menyiapkan serangkaian (kebijakan) untuk memperbaiki," jelas dia.

Sebelumnya, Oxfam menyebutkan kekayaan kolektif empat orang terkaya di Indonesia, yang tercatat sebesar USD25 miliar setara dengan gabungan kekayaan 100 juta orang termiskin.

Oxfam dan International NGO Forum on Indonesia Development (lNFlD) menerbitkan laporan tentang ketimpangan di Indonesia dengan judul "Menuju Indonesia yang Lebih Setara" sebagai upaya memberikan kontribusi pemikiran terhadap penurunan ketimpangan di Indonesia.


(AHL)