Survei Manulife: 34% Investor Berutang untuk Gaya Hidup

Angga Bratadharma    •    Kamis, 04 Feb 2016 20:23 WIB
manulife aset manajemen indonesia
Survei Manulife: 34% Investor Berutang untuk Gaya Hidup
Asuransi Jiwa Manulife. MI/PANCA SYURKANI.

Metrotvnews.com, Jakarta: Survei yang dilakukan oleh Manulife menunjukkan bahwa ada beberapa pengeluaran yang dilakukan investor sehingga pengeluaran itu membuat investor harus berutang. Selain itu, diungkapkan pula mengenai bagaimana pemahaman masyarakat terhadap makna investasi. 

"Dalam survei yang kami lakukan, ada pembahasan mengenai pengeluaran apa saja yang membuat investor berutang," ungkap Chief Agency Officer PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia Rusli Chan, dalam Manulife Investor Sentiment Index, di Gedung Sampoerna Strategic, Jakarta, Kamis (4/2/2016).

Adapun hasil survei mengenai pengeluaran yang membuat investor berutang, yakni sebanyak 38 persen akibat kehidupan sehari-hari, sebanyak 38 persen untuk biaya kesehatan, sebanyak 34 persen untuk gaya hidup, sebanyak 28 persen untuk biaya pendidikan anak saat ini, dan sebanyak 27 persen untuk sewa tempat tinggal.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Presiden Direktur PT Manulife Aset Manajemen Indonesia Legowo Kusumonegoro mengatakan, adanya pengeluaran semacam itu cukup membahayakan karena bisa berpotensi memiliki utang dalam jangka waktu panjang. Hal ini nantinya bisa membuat masalah keuangan di masa-masa yang akan datang.

"Mereka berutang dan memasukkan komponen utang untuk gaya hidup. Karena kebiasaan utang semacam ini jadi bagian hidup maka ini punya konsekuensi yang sulit kita bayangkan," tuturnya.

Pada sisi lain, survei juga mengungkapkan mengenai bagaimana pemahaman investor terhadap investasi. Sebanyak 66 persen menyebut investor memiliki rencana untuk investasi dan sebanyak 34 persen tidak memiliki rencana untuk berinvestasi. 

Sedangkan sebanyak delapan persen menyebut dana simpanan seperti tabungan dan deposito bukanlah instrumen investasi dan sisanya sebanyak 92 persen justru menyebut tabungan dan deposito adalah sebagai instrumen investasi.

"Bedanya menabung itu kita kenal dengan menempatkan dana di celengan atau di bank sedangkan investasi itu ada tujuan. Ada tujuan jangka panjang dan ada peningkatan value," pungkasnya.



(SAW)


Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

1 day Ago

Merpati Nusantara Airlines berjanji akan melunasi utang dan pesangon mantan karyawannya. Janji …

BERITA LAINNYA