BI Berharap Pemulihan Gangguan ATM Bisa Selesai Tepat Waktu

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 01 Sep 2017 11:27 WIB
gangguan atm
BI Berharap Pemulihan Gangguan ATM Bisa Selesai Tepat Waktu
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) berharap jika proses pemulihan gangguan pada Anjungan Tunai Mandiri (ATM) akibat anomali satelit Telkom 1 dapat segera diselesaikan tepat waktu. Sesuai dengan perkiraan PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom, proses ini akan diselesaikan pada 10 September.

Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan, gangguan yang terjadi pada satelit Telkom 1 harusnya bisa segera dibenahi dengan alternatif satelit lain. Dengan begitu maka pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan sistem pembayaran tidak terganggu meskipun terjadi masalah teknis.

"Semua harus mempersiapkan diri untuk menggunakan jaringan alternatif. Jadi saya juga melihat ini adalah bentuk kehati-hatian, kalau di dalam istilah institusi itu ada business continuity plan. Nah itu yang menjamin bahwa jangan sampai pelayanan kepada masyarakat terganggu," ujarnya di Kompleks BI, Jakarta Pusat, Jumat 1 September 2017.

Dirinya menambahkan, hingga saat ini pemulihan jaringan ATM sudah dilakukan oleh pihak bank maupun operator. Meski begitu Agus tidak bisa merinci berapa banyak mesin ATM yang sudah mengalami perbaikan ataupun yang masih mengalami gangguan.

"Saya belum dapat laporan terakhir (ATM yang sudah kembali normal). Tapi setiap hari itu diperkirakan paling tidak ada 1.000 ATM yang dikonversi, disiapkan (untuk perbaikan). Dan kalau kantor kas ada beberapa yang terganggu, kelihatannya hampir semua bisa dihidupkan kembali," jelas dia.

Lebih lanjut, Agus tak memungkiri jika bukan hanya bank-bank besar yang terdampak gangguan ATM karena anomali satelit ini. Namun hal ini diharapkan bisa diatasi dengan adanya interkoneksi antar ATM milik bank sehingga dapat memudahkan masyarakat yang ingin bertransaksi.

"Sebetulnya banknya kan ada cukup banyak tapi yang besar yang bank BUKU 4 dan untuk yang bank relatif kecil tentu mereka bisa menggunakan fasilitas karena ada kegiatan ATM bersama. Jadi mereka bisa menggunakan ATM lain yang terhubung dengan jasa interkoneksi," pungkasnya.

 


(AHL)

<i>Tender Offer</i> Persero dan <i>Holding</i> BUMN

Tender Offer Persero dan Holding BUMN

18 hours Ago

PRESIDEN Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2017 tentang Pena…

BERITA LAINNYA