BI Prediksi akan Ada Inflow Besar di Semester II

Suci Sedya Utami    •    Senin, 19 Jun 2017 15:03 WIB
capital inflow
BI Prediksi akan Ada <i>Inflow</i> Besar di Semester II
Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga).

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) memprediksi akan ada aliran modal masuk (inflow) yang cukup kuat pada semester II-2017 dan dilanjutkan pada 2018.

Gubernur Bank Indonesia Agus DW Martowardojo mengatakan inflow yang masuk di antaranya melalui investasi asing langsung atau foreign direct investment (FDI) melalui Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

baca : Masih Ada Capital Inflow, Indeks Siap Kembali ke 5.745

"Kami lihat ke depan akan ada inflow yang mengarah pada FDI, itu akan terjadi," kata Agus ditemui di Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Senin 19 Juni 2017.

Inflow yang masuk diharapkan akan menguatkan pergerakan mata uang Rupiah. Agus menyadari, akhir-akhir ini, Rupiah memang mendapat tekanan atau gejolak, terutama untuk kuartal II.

Dia bilang, kuartal II akan datang dari adanya permintaan untuk impor sejumlah barang dalam rangka mengamankan stok lebaran.

Lalu ada juga dampak dari pembayaran bunga utang yang harus dibayarkan ke luar negeri maupun pembayaran dividen. Namun, dia menyatakan, pergerakan mata uang Garuda masih mencerminkan kondisi pasar.

"Secara umum mencerminkan harga daripada fundamental kita," jelas Agus.

 


(SAW)

YLKI Sebut Masyarakat Harusnya Diberikan Insentif
Biaya Isi Ulang Uang Elektronik Diatur

YLKI Sebut Masyarakat Harusnya Diberikan Insentif

1 hour Ago

Seharusnya Bank Indonesia (BI) memberikan insentif bagi masyarakat karena sudah membantu menjal…

BERITA LAINNYA