Pekerja Freeport yang Sempat Mogok Dianggap Mengundurkan Diri

Annisa ayu artanti    •    Jumat, 11 Aug 2017 19:25 WIB
freeport
Pekerja Freeport yang Sempat Mogok Dianggap Mengundurkan Diri
Pekerja Freeport dan kontraktor konvoi ketika aksi peringatan Hari Buruh Internasional di Timika, Papua, Senin 1 Mei. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Freeport Indonesia menganggap para pekerja-pekerja yang melakukan mogok kerja dan tidak masuk setelah diminta, telah mengundurkan diri.

Hal tersebut dikatakan Juru Bicara Freeport Indonesia Riza Pratama, lantaran perusahaan mengacu pada hukum dan peraturan yang berlaku.

"PTFI mengacu pada hukum dan peraturan yang mengatur hal-hal tersebut, serta Perjanjian Kerja Bersama antara serikat pekerja dan perusahaan. Dalam hal ini, pengunduran diri merupakan konsekuensi yang disayangkan bagi sejumlah pekerja terkait absensi mereka yang berkepanjangan," kata Riza dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat 11 Agustus 2017.

Riza menambahkan, perusahaan telah melakukan berbagai upaya dan permintaan agar mereka kembali bekerja. Mulai dari dialog terbuka dengan serikat pekerja sampai bertemu dengan perwakilan industrial. Namun, para karyawan tersebut tetap melakuan mogok kerja.

"Kami mengutamakan pentingnya memelihara dialog yang terbuka dalam semua permasalahan ketenagakerjaan dan mengutamakan kesejahteraan para pekerja kami. Kami terus berkomunikasi dengan para perwakilan pekerja dan serikat pekerja guna mendengarkan kepentingan mereka dan menyampaikan pandangan kami," tutur dia.

Hingga saat ini, Freeport Indonesia mempekerjakan ribuan karyawan Indonesia, banyak di antaranya berasal dari Papua, di wilayah operasinya di Papua, dan terus melakukan pelatihan ekstensif dan kualifikasi
para pekerja baru di sana.

 


(AHL)