Capres DIharapkan Dorong Transportasi Ramah Lingkungan

   •    Minggu, 17 Feb 2019 19:38 WIB
transportasi
Capres DIharapkan Dorong Transportasi Ramah Lingkungan
Illustrasi. Dok : AFP.

Jakarta: Country Director Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) Yoga Adiwinarto menyarankan agar kedua calon presiden (capres) menawarkan strategi pembangunan infrastruktur dan transportasi ramah lingkungan.

"Strategi pembangunan infrastruktur dan transportasi ramah lingkungan yang harus diusung kedua capres dalam debat kedua," ujar Yoga dikutip dari Antara, Minggu, 17 Februari 2019.

Pengamat ITDP itu menjelaskan bahwa visi dan misi jangka panjang kedua capres harus menjadi fondasi, bukan hanya lima tahun mendatang, namun hingga 2045 dengan memiliki infrastruktur serta transportasi yang tujuannya ramah lingkungan.

Yoga berharap kedua capres bisa menawarkan strategi pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan untuk lima tahun mendatang, di mana para capres tersebut memiliki visi memindahkan moda-moda yang selama ini menggunakan kendaraan pribadi baik di perkotaan maupun antarkota untuk menggunakan yang lebih berkelanjutan atau ramah lingkungan.

Jalan tol jelas bukanlah infrastruktur berkelanjutan, infarstruktur berkelanjutan yang dimaksud seperti mengalihkan moda transportasi logistik dari truk ke kapal laut atau kereta api.

"Kalau mereka punya jawaban seperti itu, inilah yang mungkin harus jadi catatan kita bahwa mungkin itu salah satunya yang harus kita pilih. Kita butuh tawaran-tawaran program yang harus membangun bukan lagi bicara 'business as usual', jadi bagaimana lima tahun mendatang itu siapapun yang akan memimpin negeri ini sudah meletakkan fondasi bahwa kita ini sudah harus berubah pola pikirnya," ujar pengamat ITDP tersebut.

Yoga juga menambahkan bahwa pola hidup masyarakat Indonesia yang harus disesuaikan supaya bisa lebih mendorong ramah lingkungan, agar Indonesia bisa menurunkan emisi rumah kaca dalam 10 sampai dengan 15 tahun ke depan. Debat pilpres 2019 babak kedua akan membahas energi, pangan, infrastruktur, transportasi, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.


(SAW)