Kepercayaan Konsumen Diharapkan Terjaga dengan Inflasi Rendah

Suci Sedya Utami    •    Senin, 04 Dec 2017 19:46 WIB
inflasi
Kepercayaan Konsumen Diharapkan Terjaga dengan Inflasi Rendah
Menkeu Sri Mulyani (MI/MOHAMAD IRFAN).

Jakarta: Capaian inflasi inti di November 2017 merupakan yang terendah sejak November 2017. Tercatat inflasi inti 0,13 persen month to month dan 3,05 persen year on year.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berharap dengan inflasi yang rendah bisa membuat kepercayaan masyarakat terhadap daya beli terjaga di kuartal IV dan ke depannya. Sebab, pada kuartal III, pertumbuhan konsumsi tercatat lebih rendah yakni 4,93 persen.

"Kita harapkan momentum kepercayaan masyarakat mengenai daya beli, persepsi konfiden dari konsumen tetap terjaga," kata Ani sapaan akrabnya ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Senin, 4 Desember 2017.

Dengan konsumsi yang dijaga rendah, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini berharap momentum seluruh komponen pertumbuhan ekonomi akan bisa tumbuh lebih tinggi baik investasi, ekspor, hingga belanja pemerintah.

Dirinya menambahkan, pentingnya menjaga seluruh komponen pertumbuhan ekonomi di kuartal IV agar lebih kuat, sebab memasuki 2018 akan banyak ketidakpastian global yang muncul seperti reformasi UU perpajakan di AS, kebijakan moneter AS dengan menaikkan suku bunganya lebih cepat.

"Ini semua harus diwaspadai, kalau momentum pertumbuhan ekonomi sudah positif dan kuat, stabilitas tetap terjaga dari sisi inflasi, nilai tukar, ini akan memberikan posisi yang lebih baik bagi ekonomi RI untuk menghadapi ketidakpastian itu," jelas dia.

 


(SAW)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA