Biaya MDR tidak Akan Mengurangi Keuntungan Merchant

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 07 Dec 2017 19:22 WIB
bca
Biaya MDR tidak Akan Mengurangi Keuntungan <i>Merchant</i>
Direktur BCA Santoso, dalam media briefing di Jakarta Pusat, Kamis, 7 Desember 2017. Medcom/Eko N.

Jakarta: PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menyebut jika merchant dengan margin keuntungan yang sedikit akan merasa keberatan dengan adanya biaya merchant discount rate (MDR). Apalagi biaya ini tidak bisa dibebankan kepada nasabah atau menambah biaya kepada nasabah.

"Merchant yang marginnya tipis akan ada keberatan. Sebelumnya kita pernah address, kita pernah melakukan beberapa hal mempelajari margin dari merchant," kata Direktur BCA Santoso, dalam media briefing di Jakarta Pusat, Kamis, 7 Desember 2017.

Meski begitu, Santoso menegaskan jika biaya yang dikenakan tidak akan membebani merchant. Bahkan jika dibandingkan dengan biaya untuk mengelola uang cash, maka biaya MDR akan lebih murah.

"Ada beberapa sisi andai kata dari satu teman keberatan kan dia ada biaya handle cash. Karena memang selama ini terbiasa enggak ada biaya, dia harus ada biaya cash hadling dan ini kalau dihitung akan jauh lebih mahal bagi merchant," jelas dia.

Dirinya menceritakan, ada satu industri besar yang kesulitan karena harus mengeluarkan biaya dalam mengelola uang cash. Untuk itu, penyediaan mesin Electronic Data Capture (EDC) dari bank memudahkan bagi merchant.

"Sampai akhirnya mereka meminta BCA bisa enggak sediakan EDC untuk ambil itu. Cuma kenyataannya belum tentu laku (dengan adanya EDC) karena di ritel kecil kan customer-nya juga masih banyak yang bayar pakai cash. Tapi ini sesuatu yang positif ke depan dan kita akan sama-sama mengatasinya," pungkasnya.

Dalam aturan BI, transaksi on us atau menggunakan infrastruktur milik bank penerbit kartu maka akan dikenakan 0,15 persen. Sedangkan untuk transaksi off us atau menggunakan infrastruktur milik bank lain maka biaya yang dikenakan adalah satu persen.


(SAW)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA