Berkat Holding, Semen Indonesia Rajai Pangsa Pasar Indonesia

Suci Sedya Utami    •    Selasa, 05 Dec 2017 21:57 WIB
semen indonesia
Berkat <i>Holding</i>, Semen Indonesia Rajai Pangsa Pasar Indonesia
Semen Indonesia. ANT/Dhoni Setiawan

Jakarta: PT Semen Indonesia (Persero) Tbk membagikan pengalaman saat menjadi cangkang usaha atau holding industri semen di tanah air.

Holdingnisasi Semen Indonesia merupakan yang pertama dilakukan pada tahun 1994 dengan menggabungkan badan usaha milik negara (BUMN) di antaranya PT Semen Gresik, PT Semen Padang, dan PT Semen Tonasa

Dalam diskusi bertajuk mengapa perlu holding BUMN di Kemenkominfo, Jakarta Pusat, Senin, 5 Desember 2017, Corporate Secretary PT Semen Indonesia Agung Wiharto mengatakan selepas 1974, kapasitas produksi ketiga perusahaan itu terus menurun dan kalah dengan swasta, ditambah pemerintah tidak memiliki modal untuk menambah pabrik. Akhirnya dilakukan penggabungan dengan membentuk holding.

Dia mengatakan holdingnisasi dilakukan dengan menawarkan saham pertama (IPO) di bursa saham dan menjadi multi national company. Setelah dibentuk holding, kapasitas produksi terus ditambah dan memperkuat serta memperluas daerah pemasaran nasional. Dia bilang, saat ini akapasitas produksi di domestik mencapai 106 juta ton.

"Kita menguaasai market share (pangsa pasar terbesar di Indonesia). Kami tetap terdepan di Indonesia," jelas Agung yang juga menambahkan pada 2013, Semen Indonesia pernah menjadi perusahaan semen terbesar di Asia Tenggara dari segi kapasitas.

 


(SAW)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA