Dana Bangun Jalan Tol Bisa dari Pasar Modal

Dian Ihsan Siregar    •    Rabu, 19 Oct 2016 13:21 WIB
jalan tol
Dana Bangun Jalan Tol Bisa dari Pasar Modal
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/R Rekotomo)

Metrotvnews.com, Medan: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara ‎(Sumut) sedang menggagas jalan tol Medan-Brastagi. Pembangunan ini akan dilakukan secara bertahap, dan dananya dipastikan berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) maupun pasar modal.

"Gagasan tol Medan-Brastagi sedang dirancang. Dalam mewujudkan tol ini, banyak hal yang harus dilakukan secara bertahap," ucap Gubernur Sumut Teuku Erry Nuradi, ‎di Grand Aston, Medan, Rabu (19/10/2016).

Menurut dia, usai dana diraih pihaknya langsung melakukan pembebasan lahan dan segera menargetkan waktu pelaksanaannya. "Apabila infrastruktur sudah tertata dengan baik, maka investor akan cepat mengambil keputusan untuk tanamkan investasinya di Sumut," jelas Erry.

Di sisi lain, untuk pembangunan jalan tol Medan-Tebing Tinggi nantinya tidak akan dianggarkan dari dana APBD, melainkan dari pasar modal. Pembangunan jalan tol tersebut untuk memberi kelancaran masyarakat dalam menuju kawasan wisata di Danau Toba‎.

"Pembangunan infrastruktur jalan ke kawasan wisata menjadi salah satu elemen penting dalam memajukan wisata yang ada di Sumut," jelas Erry.

Erry mengharapkan pengusaha di Sumut, khususnya Medan, bisa membawa perusahaannya untuk bisa melantai (IPO) di bursa. Selain meningkatkan omzet atau pendapatan perusahaan, langkah IPO juga mendorong pembangunan infrastruktur yang sedang gencar dijalankan, khususnya di daerah Medan.


(AHL)