Isyaratkan Impor Beras dari Vietnam, JK: Ini Unsur Kehati-hatian Hadapi El Nino

Dheri Agriesta    •    Senin, 12 Oct 2015 18:34 WIB
beras vietnam
Isyaratkan Impor Beras dari Vietnam, JK: Ini Unsur Kehati-hatian Hadapi El Nino
illustrasi. ANT/Trisnadi

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla mengisyaratkan pemerintah akan mengimpor beras dari Vietnam. Impor dilakukan sebagai sikap kehati-hatian pemerintah dalam menghadapi dampak El Nino.

"Ini kan unsur kehati-hatian kita dalam menghadapi El Nino. Unsur kehatian musti ada cadangannya," kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (12/10/2015).

JK mengakui, pembicaraan mengenai impor beras ini telah lama dibicarakan. Bahkan, pembicaraan mengenai impor beras telah dibicarakan Presiden Joko Widodo bersama dengan menteri Kabinet Kerja dalam rapat.

Keputusan ini diambil mengingat dampak kekeringan yang berkepanjangan dan dampak El Nino. Beras itu akan digunakan sebagai cadangan agar masyarakat tak mengalami kesulitan mencari beras di akhir tahun nanti.

"Itu untuk menjaga kehati-hatian supaya masyarakat nanti tidak kesulitan dalam bulan November Desember ini. Kehati-hatian," tegas JK.

Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution masih tutup mulut perihal pembukaan keran impor beras dari Vietnam. Di sisi lain, berdasarkan laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Darmin mengakatan tingkat kekeringan akibat adanya El Nino terbilang tinggi.

Namun demikian, meski tingkat kekeringan tinggi, BMKG pun memerkirakan November-Desember akan ada hujan sehingga Januari mulai bisa dimulai aktivitas tanam menanam padi.


(SAW)


Perpres DNI Rampung Pekan Depan

Perpres DNI Rampung Pekan Depan

1 week Ago

Pemerintah mempercepat penyelesaian rancangan per-aturan presiden (Perpres) mengenai Daftar Neg…

BERITA LAINNYA