Renovasi GBK Rogoh Rp3,5 Triliun

Dian Ihsan Siregar    •    Jumat, 12 Jan 2018 15:22 WIB
asian gameskementerian pekerjaan umumasian games 2018renovasi gbk
Renovasi GBK Rogoh Rp3,5 Triliun
Stadion Gelora Bung Karno yang sudah direnovasi. (FOTO: Medcom.id/Dian Ihsan)

Jakarta: Pemerintah telah merenovasi 100 persen stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta untuk menghadapi Asian Games 2018. Penyelesaian stadion GBK ini menunggu penyelesaian tahap akhir.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuldjono mengatakan renovasi secara keseluruhan fasilitas di stadion GBK setidaknya menghabiskan dana Rp3,5  triliun. Dana tersebut disiapkan pemerintah untuk memberikan tempat terbaik pada saat event Asian Games nanti.

"Dana renovasi GBK (keseluruhan) sekitar Rp3,5 triliun," kata Basuki, saat ditemui di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, ‎Kamis malam, 11 Januari 2018.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani saat meninjau kompleks GBK pada 23 November 2017 lalu mengatakan pihaknya telah menganggarkan biaya renovasi sebesar Rp700 miliar untuk stadion utama GBK. Sementara, Rp132 miliar dianggarkan untuk renovasi Istora Senayan.

Baca: Menkeu Sri Mulyani Puas Lihat Hasil Renovasi SUGBK

Basuki mengatakan renovasi GBK ini tidak mengubah struktur heritage yang telah dibangun sejak dahulu. Sebab, stadion tersebut merupakan cagar budaya yang harus dijaga keasliannya.

"Dulu mau pasang casing itu enggak boleh yah. Jadi ditambah lift saja. Masih kayak dulu lah (renovasinya). Istora ini malah kita kembalikan untuk semula, tambahannya karena itu heritage,"‎ jelas Basuki.

Menurut dia, percepatan penyelesaian GBK ini sejalan dengan Presiden Jokowi yang ingin meresmikannya pada Minggu, 14 Januari 2018, yang bertepatan dengan pertandingan Indonesia versus Islandia.

"14 Januari 2018 Presiden Jokowi mau meresmikan, sekalian (ada pertandingan) Timnas Indonesia lawan Islandia. Makanya kita percepat renovasi ini. Kita uji coba sekarang ini, baik lightning dan sound-nya. Pokoknya semua. Ini sudah 100 persen," ungkapnya.

 


(AHL)