Strategi Capai Inklusi Keuangan 75% di 2019

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 04 Jan 2018 22:40 WIB
keuangan
Strategi Capai Inklusi Keuangan 75% di 2019
Wimboh Santoso (MTVN/Eko Nordiansyah).

Jakarta: Pemerintah bersama Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berkumpul dalam rapat koordinasi untuk membicarakan strategi mencapai target inklusi keuangan 75 persen di 2019.

Rapat tersebut dipimpin oleh Menko Perekonomian Darmin Nasution dan dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, Gubernur BI Agus DW Martowardojo, serta Ketua DK OJK Wimboh Santoso.

Wimboh mengatakan salah satu strategi mencapai inklusi keuangan yakni dengan memastikan dukungan dari teknogi dan jaringan yang memadai. Sebab saat ini penyebaran akses keuangan ke daerah-daerah bisa dijangkau dengan menggunakan teknolologi.

"Yang menggunakan jaringan 4G sudah lebih banyak, jadi memungkinkan coverage-nya bisa lebih luas," kata Wimboh di Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Kamis, 4 Januari 2018.

Saat ini posisi inklusi keuangan di tanah air sudah mencapai 63 persen. Dengan posisi tersebut, dirinya yakin target 75 persen akan bisa dicapai.

Selain memperluas jaringan, tentunya  perlu juga perluasan mengenai informasi data kependudukan yang bisa diperoleh dari data dukcapil.

Terkait dengan perluasan jaringan, Rudiantara mengatakan akan dipenuhi sejalan dengan diselesaikannya proyek Palapa Ring pada 2019. Untuk Palapa Ring Barat akan selesai pada kuartal pertama tahun ini, dan akan dilanjutkan Palapa Ring Tengah dan disusul Palapa Ring Timur.

"Palapa Ring enggak ada masalah. Kabupaten setidaknya ibu kotanya sudah pakai jaringan 4G di 2019," jelas Rudiantara.



(SAW)

Petaka di Gedung Bursa

Petaka di Gedung Bursa

15 hours Ago

77 orang terluka dalam insiden ambruknya selasar di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI). Polisi m…

BERITA LAINNYA