Pemerintah Masih Godok Penurunan Tarif Tol Jelang Lebaran

Annisa ayu artanti    •    Minggu, 29 Apr 2018 17:00 WIB
jalan tol
Pemerintah Masih Godok Penurunan Tarif Tol Jelang Lebaran
Jalan Tol. Ant/Rekotomo.

Jakarta: Pemerintah sedang menggodok penurunan tarif tol menjelang Lebaran. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebutkan aturan penurunan tarif tol tersebut dapat selesai dua minggu lagi.

"Kementerian PUPR sedang menggodok. Semestinya tidak lebih dari dua minggu. Sekarang lagi dibahas secara intensif," kata Budi di Pancoran, Jakarta, Minggu, 29 April 2018.

Budi sebelumnya pernah mengatakan kebijakan penurunan tarif tol menjelang Lebaran ini bertujuan untuk mengoptimalkan jalan tol untuk menyalurkan logistik. Penurunan tarif tol nantinya akan sangat signifikan karena pengguna jalan tol hanya membayar setengah dari harga biasa.

"Jadi ini kan ada tarif di satu tempat di Jawa Timur, misal dari Rp180 ribu menjadi Rp96 ribu. Jadi hampir separuh," kata Budi.

Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani juga mendukung kebijakan tersebut. Dia yakin kebijakan berjalan tanpa merugikan perusahaan.

"Sebenarnya yang prinsip adalah internal rate of return-nya (IRR). Sepanjang tarif dikurangi, konsesi dipanjangin, kemudian cluster-nya dibikin seperti itu, meningkatkan keinginan logistik, meningkatkan support keberpihakan kepada logistik, dan IRR-nya enggak turun kita support sekali," jelas Desy beberapa waktu lalu.



 


(SAW)