BCA Dorong Pengembangan Pengelolaan Data via Finhacks 2018

Annisa ayu artanti    •    Sabtu, 01 Sep 2018 11:40 WIB
bca
BCA Dorong Pengembangan Pengelolaan Data via Finhacks 2018
Ilustrasi (MI/IMMANUEL ANTONIUS)

Jakarta: PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) atau BCA terus mendorong pengembangan layanan perbankan yang salah satunya dengan mendukung pengelolaan data yang lebih baik lagi kepada para komunitas pengelola data. Langkah ini diharapkan bisa meningkatkan daya saing industri perbankan di Indonesia agar tidak tertinggal dengan negara lain.

Dukungan yang dilakukan BCA salah satunya adalah dengan menyelenggarakan Finhacks 2018 berkonsep 'Hackathon' yang sudah dua tahun berturut-turut diselenggarakan. Pada tahun ini, Finhacks yang diadakan BCA memiliki tema 'Data Challenge'.

Wakil Presiden Direktur BCA Armand Wahyudi Hartono menjelaskan tema Data Challange dipilih karena BCA melihat talenta big data dalam mengembangkan solusi inovatif terhadap big data di Indonesia sangat besar. Talenta big data harus didukung agar memberikan kontribusi nyata bagi Tanah Air.

Menurutnya ajang ini merupakan wujud dukungan BCA terhadap potensi anak bangsa di bidang data science dan juga kontribusi BCA sebagai bank swasta untuk mengembangkan solusi perbankan melalui kolaborasi dengan komunitas data science.

"Kita ingin coba sesuatu yang berbeda, karena kebutuhan sudah berubah. Bikin aplikasi sudah biasa. Karenanya kita buat Finhacks untuk melatih masyarakat dalam mengelola data," kata Armand, dalam Roadshow Finhacks 2018, di Hotel Akmani, Jakarta, Sabtu, 1 September 2018.

Armand menambahkan penduduk Indonesia sangat besar dan sebagian penduduk sudah memiliki telepon genggam. Berdasarkan survei yang dilakukan BCA, masyarakat lebih banyak menggunakan dan mengoperasikan telepon genggam dalam kehidupan sehari-hari.

Artinya, lanjutnya, banyak data yang dihasilkan ketika penduduk tersebut mengoperasikan atau menggunakan telepon genggamnya baik untuk kegiatan sosial media, layanan perbankan, maupun data telekomunikasi.

Melalui Finhacks Data Challenge 2018, ia berharap, masyarakat atau komunitas pengelola data bisa dapat mengelola data-data tersebut dengan lebih baik lagi. "Dengan teman-teman algoritma. Yuk kita olah (data). Jangan ketinggalan dengan negara lain. Buat mereka terpana melihat kita," ucap dia.

Adapun BCA menggelar roadshow Finhacks 2018 #DataChallenge di tiga kota yaitu Jakarta, Yogyakarta, dan Bandung. Di tiap roadshow akan diadakan sesi sharing oleh para pakar dan juga workshop data science untuk meningkatkan pemahaman, wawasan, dan kemampuan para peserta di bidang data science.

 


(ABD)


Perpres DNI Rampung Pekan Depan

Perpres DNI Rampung Pekan Depan

1 week Ago

Pemerintah mempercepat penyelesaian rancangan per-aturan presiden (Perpres) mengenai Daftar Neg…

BERITA LAINNYA