BI Targetkan Kopi Organik Kotamobagu Diekspor

   •    Selasa, 20 Jun 2017 12:36 WIB
bank indonesia
BI Targetkan Kopi Organik Kotamobagu Diekspor
Ilustrasi (MI/USMAN ISKANDAR)

Metrotvnews.com, Manado: Bank Indonesia (BI) menargetkan produk kopi organik Kota Kotamobagu, Provinsi Sulawesi Utara, bisa masuk pasar ekspor karena memiliki potensi yang cukup besar. Sejumlah pihak perlu bersama-sama mencapai target tersebut dengan harapan bisa mendukung pertumbuhan ekonomi di daerah setempat.

"Saat ini sudah ada beberapa kelompok tani dan usaha mikro kecil menengah khususnya klaster kopi yang kami bina," kata Kepala BI Perwakilan Sulut Soekowardojo, seperti dikutip dari Antara, di Manado, Selasa 20 Juni 2017.

Menurutnya BI menargetkan memfasilitasi pelaku UMKM klaster kopi organik Kotamobagu tersebut dari hulu sampai hilir sehingga bukan hanya bimbingan teknis dan pendampingan tapi juga mencari pasar baik domestik maupun mancanegara.

Soekowardojo menjelaskan jenis kopi organik Kotamobagu ini termasuk robusta dan sangat diminati pasar Asia, Amerika, dan Eropa. "Ke depan, kualitas akan terus ditingkatkan karena bisa saja menembus pasar internasional," ujarnya.

Ia mengatakan, dari sudut pandang ekonomi, kopi merupakan salah satu komoditas yang penting bagi seluruh masyarakat dunia. Bukan hanya dari kenikmatan para konsumen peminum kopi namun bernilai ekonomis bagi negara-negara yang memproduksi dan mengekspor biji kopi.

"Di Indonesia, kopi merupakan salah satu komoditas unggulan pada subsektor perkebunan Indonesia karena memiliki peluang pasar yang sangat besar baik di dalam maupun luar negeri," tukasnya seraya menambahkan bahwa kondisi geografis Indonesia yang beriklim tropis sangat sesuai untuk budi daya kopi.


(ABD)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

3 days Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA