Daya Beli KPR Diyakini Masih Tinggi

Eko Nordiansyah    •    Sabtu, 12 Aug 2017 08:14 WIB
btn
Daya Beli KPR Diyakini Masih Tinggi
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN meyakini jika daya beli masyarakat untuk memiliki hunian masih tinggi. Bahkan dengan adanya pameran Indonesia Property Expo (IPEX) 2017 maka permintaan untuk Kredit Pemilikan Rumah (KPR) akan meningkat.

Direktur Utama BTN Maryono mengatakan, salah satu daya tarik untuk KPR adalah rumah subsidi. Bahkan pembangunan rumah subsidi oleh para pengembang selalu habis terjual karena banyak diminati oleh masyarakat.

"Dia (pengembang) bangun 600 itu habis. Kita sangat optimistis sehingga kita akan konsentrasi dengan yang subsidi tapi tidak meninggalkan yang nonsubsidi," ujarnya dalam IPEX 2017, JCC, Senayan, Jakarta, Jumat 11 Agustus 2017.

Dirinya menambahkan, untuk KPR nonsubsidi BTN akan sangat fokus di kelas menengah ke bawah. Pasalnya minat masyarakat untuk rumah dengan range harga sekira Rp200 juta hingga Rp300 juta masih cukup tinggi.

Dalam pameran yang berlangsung mulai 11 Agustus hingga 20 Agustus 2017 tersebut, 300 pengembang kecil, menengah, dan besar ikut meramaikan ajang ini. Salah satu yang menarik dari IPEX 2017 adalah berbagai promo yang ditawarkan oleh pengembang maupun BTN.

"Dari pengembang sendiri, penjual itu ada promo. Untuk pembiayaan KPR-nya (dari BTN) juga promo. Subsidi kita KPR bunga lima persen fix satu tahun, enam persen fix dua tahun, biaya-biaya kita diskon 50 persen," pungkas dia.

 


(AHL)