Pemberlakuan di Oktober

Jasa Marga Kejar Jumlah GTO hingga 475 Unit

Dian Ihsan Siregar    •    Selasa, 08 Aug 2017 19:03 WIB
jasa marga
Jasa Marga Kejar Jumlah GTO hingga 475 Unit
Gardu Tol Otomatis (GTO). Antara.

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) bakal mengerek jumlah Gardu Tol Otomatis (GTO) menjadi 475 unit. Hal itu dilakukan demi pemberlakuan pembayaran nontunai di semua gerbang tol ‎mulai Oktober 2017.

Menurut AVP Corporate Communication Jasa Marga, Dwimawan Heru‎, perseroan memiliki gardu tol di seluruh Indonesia sebanyak 950 unit. Namun, yang sudah ada GTO baru mencapai 47 persen dan dalam waktu dekat akan ditingkatkan hingga ke level 50 persen.

"M‎eskipun begitu gardu manual juga bisa menerima pembayaran tol dengan uang elektronik," kata Heru, di‎temui di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), SCBD Sudirman, Jakarta, Selasa 8 Agustus 2017.

Heru menyatakan, penggunaan uang elektronik di jalan tol yang dimiliki Jasa Marga baru mencapai 29,16 persen per Juni 2017. Maka dari itu, perseroan akan mensosialisasikan terus menerus, agar penggunaan uang elektronik di tol mengalami ‎peningkatan.

"Kami edukasi ke masyarakat, beberapa gerbang tol di daerah Jabotabek sudah memberlakukan transaksi 100 persen elektronik, seperti Cililitan 3, Semanggi 1, Karawaci 1, dan lain-lainnya," tegas Heru.

Adapun gerbang tol di daerah lain yang penggunaannya sudah mengalami peningkatan, Heru menguraikan, terdiri dari gerbang tol di Meruya hingga 50 persen dan ‎gerbang tol Kamal sebesar 61 persen.

"Masih ada juga yang di bawah 30 persen, gerbang tol Belmera sebesar 23 persen, lalu ada gerbang tol Purbaleunyi yang baru 21 persen penggunaan transaksi elektroniknya," pungkas Heru.


(SAW)