Satgas Pangan Siap Stabilkan Kebutuhan Pokok Sulut

   •    Selasa, 08 Aug 2017 11:32 WIB
pangan
Satgas Pangan Siap Stabilkan Kebutuhan Pokok Sulut
Illustrasi (ANT/Aditya Pradana Putra).

Metrotvnews.com, Manado: Satuan tugas (Satgas) pangan siap menstabilkan harga kebutuhan pokok di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Satgas pangan yang didalamnya pemerintah daerah, kepolisian, Perum Bulog, Badan Pusat Statistik (BPS) di bawah Kementerian Dalam Negeri akan terus berkoordinasi dan mengawasi pergerakan harga kebutuhan pokok dan stok," kata Kepala Biro Perekonomian dan Sumberdaya Alam Provinsi Sulawesi Utara Frangky Manumpil di Manado dikutip dari Antara, Selasa 8 Agustus 2017.

Dia mengatakan, dengan adanya satgas pangan ini, diharapkan semua kebutuhan pokok yang sering memicu inflasi akan diawasi sehingga stabil. Tim Satgas ini akan terus memantau ketersediaan serta pergerakan harga bahan kebutuhan pokok yang tersedia di pasar-pasar tradisional, distributor, serta pasar modern.

Sejumlah instansi teknis, kata dia, berada dalam tim ini, di antaranya Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Badan Pengawas Obat dan Makanan, Bulog, Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas Pertanian serta Biro Perekonomian.

Franky mengatakan, hal ini terbukti bahwa negara hadir untuk masyarakat, di antaranya menjamin ketersediaan bahan kebutuhan pokok serta stabilisasi harga.

Dia berharap, masyarakat proaktif melakukan pengawasan dengan sesegara mungkin melaporkan kepada Satgas apabila menemukan kejanggalan dalam proses distribusi bahan kebutuhan pokok termasuk di dalamnya pedagang atau distributor yang sengaja melakukan penimbunan. Ia mengatakan satgas pangan akan terus bersinergi dengan kabupaten dan kota di Sulut, agar semua distabilkan dengan baik.


(SAW)