Ketahui Pentingnya Branding Produk Sebelum Berbisnis

Pelangi Karismakristi    •    Selasa, 08 Aug 2017 20:43 WIB
e-commerce
Ketahui Pentingnya Branding Produk Sebelum Berbisnis
Connext Online Mentoring bersama Richie Wirjan, Founder of CREDENS strategic Branding, 10 Agustus 2017 pukul 19.00 WIB hingga selesai.

Metrotvnews.com, Jakarta: Beberapa wirausahawan enggan melakukan branding untuk produk yang akan dijualnya. Sebab mereka beranggapan bahwa dengan sendirinya branding itu akan terbentuk sendiri. 

Alasan lainnya adalah soal pasar atau market yang dinamis dan sulit diprediksi. Daripada repot menyusun planning, lebih baik langsung launching. Apakah Anda juga demikian?

Jika iya, coba renungkan sejenak. Seorang yang sedang merintis usaha atau malah yang telah sukses memasarkan produknya bukan berarti asal jualan saja. Di balik layar keberhasilan mereka ada banyak strategi untuk membranding produknya. 

Mengapa? Anda harus menyadari bahwa branding itu bukan hanya soal perang harga, namun juga persepsi. Kini konsumen semakin pintar, tidak semua barang terbeli karena produsen banyak promosi dan menjual dengan harga murah.

Misalnya saja mau bisnis coffee shop, coworking space, e-commerce dan sebagainya kompetisi makin ketat. Karena sekali lagi, Anda tak hanya saja perang harga, namun juga persepsi. 

Kalau kompetitor sudah teriak produknya dijamin baik dan Anda pun demikian, pada akhirnya konsumen akan pilih yang lebih murah. Tapi karena kini konsumen pintar, sebagai enterpreneur, Anda juga harus jadi lebih pintar. Coba cari tahu apa yang dibutuhkan konsumen, ketika sudah tahu apa yang dibutuhkan produk Anda akan menjadi solusi, bukan sekedar komoditi.

Selain itu Anda juga harus bisa memberi pesan yang kuat kepada konsumen dan menarik sisi emosionalnya. Jangan lupa pula untuk membuat brand planning yang berkelanjutan, sehingga konsumen tak mencari produk Anda di kala promosi saja.

Brand planning perlu dilakukan bukan soal memboost bisnis saja, melainkan juga membangun loyalitas konsumen yang sangat diharapkan dari brand power. Brand yang kuat promosinya tak perlu gila-gilaan, tapi konsumen bisa sampai mencari bahkan mengantre mendapatkan produk Anda.

Langkah ini juga berarti Anda mempersiapkan diri bilamana kompetitor mulai melakukan pergerakan atau ketika consumen behaviour berubah. Tertarik untuk mempelajarinya lebih dalam?

Yuk, daftar Connext Online Mentoring bersama Richie Wirjan, Founder of CREDENS strategic Branding, 10 Agustus 2017 pukul 19.00 WIB hingga selesai. Ada juga mentoring William Tanuwijaya (Tokopedia), Natali Ardianto (Tiket.com), Iman Usman (Ruangguru), Vikra Ijas (Kitabisa.com), Danny (Dagelan), dan 40 Mentor lainnya.

Daftar sekarang di youngontop.com/connext. Dapatkan diskon 20 persen untuk setiap downloader Apps Metro TV dengan cara submit “Metrotvnews” (tanpa tanda kutip) pada kolom Kode Referal di form pendaftaran Connext.



(ROS)