Wapres Minta Industri Tiongkok Berikan Produk yang Terjangkau

   •    Selasa, 11 Jul 2017 20:28 WIB
indonesia-tiongkok
Wapres Minta Industri Tiongkok Berikan Produk yang Terjangkau
Wakil Presiden Jusuf Kalla. MI/M. Irfan.

Metrotvnews,com, Bekasi: Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta industri otomotif asal Tiongkok, PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) menghasilkan produk yang berkualitas dengan harga terjangkau.

"Harapan kita tentu akan menambah kapasitas industri kita dan juga dapat menghasilkan mobil-mobil berkualitas dengan harga yang terjangkau," kata Wapres usai meresmikan pabrik Wuling Motors di Cikarang, Kabupaten Bekasi, dikutip dari Antara, Selasa 11 Juli 2017.

Di samping itu, lanjut Wapres, kehadiran industri otomotif tersebut di Indonesia juga diharapkan akan meningkatkan daya saing. Selain itu, juga diharapkan dapat meningkatkan konten lokal yang saat ini ditargetkan mencapai 56 persen.

Wapres juga yakin otomotif yang diproduksi Wuling Motors berkualitas karena saat ini produk Tiongkok  sudah sangat maju, terlebih lagi pabrik tersebut merupakan perusahaan patungan dengan tiga pemegang saham utama yaitu SAIC Motor Corporation Limited, General Motors dan Guangxi Automobile Group.

"Kami yakin, industri ini selalu memperhatikan kualitas yang baik dan harga yang terjangkau, sehingga masyarakat Indonesia dapat bersaing, dapat melihat perbandingan-perbandingan itu dan mempunyai pilihan-pilihan yang baik," katanya.

Lebih lanjut Wapres mengatakan, industri mobil mempunyai multi efek yang sangat besar karena membutuhkan industri industri hulu, baja, plastik, alumunium, karet dan lainnya.

"Dibutuhkan vendor-vendor yang tentu sangat penting untuk industri lainnya dan juga memberikan lapangan pekerjaan yang sangat besar. Di samping itu juga, distribusinya juga membutuhkan begitu banyak perusahaan, begitu banyak karyawan," tambah Wapres.

Wuling Motors memulai pembangunan pabrik dan supplier Park melalui peletakan batu pertama pada Agustus 2015 dengan total investasi mencapai USD700 juta di lahan seluas 60 hektare.

Wuling Motors saat ini telah membawa 15 pemasok komponen internasional ternama dan telah bekerja sama dengan lebih dari 20 pemasok komponen lokal.


(SAW)