OJK Ingin Kontribusi Sektor Keuangan Capai 37% dari Pembiayaan Infrastruktur

Eko Nordiansyah    •    Senin, 20 Mar 2017 15:44 WIB
infrastruktur
OJK Ingin Kontribusi Sektor Keuangan Capai 37% dari Pembiayaan Infrastruktur
Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Nurhaida (tengah). ANTARA/Puspa.

Metrotvnews.com, Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ingin 37 persen dari porsi pembiayaan infrastruktur datang dari sektor keuangan yang terdiri dari sektor perbankan, industri keuangan non bank (IKNB), serta pasar modal.

"Ketiganya harus bekerja bersama karena dari nilai atau financing yang dibutuhkan saya rasa perusahaan perbankan memiliki keterbatasan, pembiayaan juga gitu. Oleh karena itu salah satunya dari pasar modal," kata Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Nurhaida ditemui di Gedung BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin 20 Maret 2017.

Dirinya menambahkan, salah satu yang paling potensial dalam membiayai pembiayaan proyek infrastruktur adalah sektor pasar modal. Pasar modal dinilai cocok karena terdapat mekanisme surat utang jangka panjang.

"Pasar modal itu bentuknya adalah perusahaan infrastruktur bisa menerbitkan obligasi. Kemudian perbankan bisa menerbitkan obligasi untuk bisa menyalurkan kredit. Ini intinya sektor keuangan bisa memberikan kontribusi bagi infrastruktur sebesar 37 persen," jelas dia.




Oleh karena itu, lanjut dia, peran pasar surat utang atau obligasi penting sekali untuk dikembangkan. Hal ini karena surat utang merupakan salah satu sumber pembiayaan pembangunan infrastruktur di Indonesia.

"Maka kebutuhan atau ekspektasi pemerintah untuk biayai pembangunan melalui pasar modal tidak bisa terwujud kalau pasar modal tidak berkembang, secara spesifik pasar surat utang," pungkasnya.

Data Kementerian Keuangan (kemenkeu)  menyatakan kebutuhan dana untuk pembangunan infrastruktur sebesar Rp1.000 triliun. Sementara porsi yang dibiayai dari APBN hanya 30 persen atau sebesar Rp387,2 triliun, kemudian dari APBD sebesar 11 persen dan dari BUMN sebesar 22 persen.





(SAW)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

13 hours Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA