Petani Tembakau Diminta tak Khawatir Intimidasi Beralih ke Komoditi Lain

Husen Miftahudin    •    Jumat, 23 Sep 2016 19:32 WIB
petani tembakau
Petani Tembakau Diminta tak Khawatir Intimidasi Beralih ke Komoditi Lain
Ilustrasi petani tembakau. (FOTO: ANTARA/Irwansyah)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Indonesia mengimbau kepada petani tembakau agar tidak khawatir terkait intimidasi dari pihak tertentu untuk ‎beralih ke komoditi lain.

"Saya mendengar bahwa petani tembakau didesak beberapa pihak untuk beralih komoditi dengan tanaman lain. Kita (petani) paham betul soal apa yang sebaiknya dan tidak untuk ditanam, jadi petani tembakau jangan khawatir," tegas Ketua Umum KTNA, Winarno Tohir, dalam keterangan tertulis, Jakarta, Jumat (23/9/2016).

Hak atas pilihan komoditi dilindungi Undang Undang Nomor 12 Tahun 1992 tentang Sistem Budidaya Tanaman. Beleid tersebut menegaskan bahwa petani bebas untuk menanam jenis komoditi apapun.

Lebih lanjut dia mengatakan, alasan petani tembakau agar tidak beralih ke komoditi lain karena adanya pengetahuan bertanam yang turun-menurun diwariskan. Selain itu, nilai ekonomis tembakau juga layak diperhitungkan.

"Budaya menanam tembakau adalah warisan dari generasi ke generasi dan sekarang harga lumayan bagus, bisa Rp43 ribu per kilogram," paparnya.

Selain itu, Winarno‎ juga mendorong agar pemerintah dan DPR melakukan revisi atas UU Sistem Budidaya Tanaman (UU SBT). Dia meminta agar revisi beleid tersebut untuk memberi jaminan atas seluruh aspek pertanian.

"Dalam usulan perubahan, prinsip pertanian Indonesia semakin dipertegas dalam kerangka memperkuat, melindungi kepentingan negara dan petani itu sendiri. Ini bisa di lihat dari asas-asas yang dianut. Usulan ini juga sudah disampaikan ke Komisi IV DPR," pungkas Winarno.


(AHL)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA