Mentan Pastikan Pasokan Beras di Pasar Induk Cipinang Aman

Gervin Nathaniel Purba    •    Senin, 04 Dec 2017 16:34 WIB
berita kementan
Mentan Pastikan Pasokan Beras di Pasar Induk Cipinang Aman
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melakukan inspeksi mendadak ke Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta, Senin, 4 Desember 2017 (Foto:Gervin Nathaniel Purba)

Jakarta: Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman melakukan inspeksi mendadak ke Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta, Senin, 4 Desember 2017. Dia memastikan pasokan beras  sampai hari ini aman.

Berdasarkan laporan yang diterima Mentan, beras yang masuk ke Pasar Induk Beras Cipinang pada pukul 07.00 WIB sebanyak 3.493 ton. Hingga tengah malam nanti, diperkirakan total beras yang akan masuk pada hari ini 5 ribu ton. Angka tersebut lebih besar daripada hari sebelumnya.

Melihat banyaknya stok, Mentan memastikan pasokan beras tetap aman meskipun sejumlah daerah penghasil beras seperti Jawa Barat dan Jawa Timur terendam banjir, baru-baru ini. "InsyaAllah, beras aman," ujar Amran.

Selain itu, ia juga memastikan bahwa harga beras di Pasar Induk Beras Cipinang tidak mengalami kenaikan. Berdasarkan hasil sidaknya, harga beras Rp7.800 per kg. Tidak melebih harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah.

"Ini menunjukkan penurunan harga sejak berlakunya HET. Awal berlaku HET, Rp9.050 per kg. Sekarang Rp7.800 per kg. Ini menunjukkan keberhasilan kita, produksi membaik dan aman," katanya.

Lebih lanjut Amran menjelaskan, lancarnya pasokan beras dan harga beras yang terkendali meskipun terjadi banjir di sejumlah daerah karena pihaknya sudah melakukan antisipasi sejak tiga bulan sebelumnya.
Kementerian Pertanian (Kementan) mendorong dilakukan penanaman pada periode Juli-September untuk mengamankan stok beras pada November-Desember 2017.

"Bukan hari ini kejadian langsung tanam. Tapi kita sudah dibuat tidak tidur sejak tiga bulan sebelumnya," ucap Amran.


(ROS)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA