Pemerintah Tambah 10 Juta KPM Tahun Ini

Eko Nordiansyah    •    Selasa, 20 Mar 2018 16:36 WIB
bansos
Pemerintah Tambah 10 Juta KPM Tahun Ini
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (AFP/Romeo Gacad).

Jakarta: Pemerintah melalui Kementerian Koordinator (Kemenko) bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) menargetkan penambahan 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dalam Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Target tersebut diharapkan bisa tercapai pada akhir tahun ini.

"Sedang dalam pertimbangan untuk perluasan. Rencana penambahan BPNT itu kita akan sesuaikan targetnya sampai 10 juta KPM," kata Menteri Koordinator (Menko) PMK Puan Maharani di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa, 20 Maret 2018.

Saat ini pemerintah mencatat ada sebanyak 1,2 juta KPM dari 42 kabupaten/kota. Tahun ini pemerintah menargetkan akan memperluas penerimaan BPNT di 24 kabupaten/kota yang dinilai memiliki kesiapan infrastruktur.

"Kita harus lihat dulu daerahnya siap atau tidak, agen penyalurnya, Himbaranya siap atau tidak. Kita harus menyamakan persepsi dulu bahwa kita siap dan kita nyatakan siap, tapi kita harus lihat dulu kesiapan di daerah juga," jelas dia.

Sementara itu Menteri Sosial Idrus Marham mengatakan, pihaknya siap memperluas penerima KPM. Untuk itu dibutuhkan koordinasi baik dari Kementerian Sosial sampai dengan perbankan selaku penyalur BPNT kepada masyarakat yang terdaftar sebagai KPM.

Dirinya menambahkan, penambahan KPM akan dilakukan secara bertahap dalam beberapa tahun ke depan. Saat ini sudah ada beberapa daerah yang dinilai memiliki kesiapan yaitu Banda Aceh, Solok, Bengkulu, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, dan lain-lain.

"Tetapi tidak cukup hanya itu, kita lihat kesiapan pendamping, bagaimana persiapan warung-warung di sana sehingga begitu semua berjalan lancar dan penyaluran betul-betul sesaui dengan sasaran dan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh rakyat, pemanfaatannya itu," pungkasnya.

 


(SAW)


PPN Avtur Indonesia Sudah Kompetitif

PPN Avtur Indonesia Sudah Kompetitif

2 days Ago

Perlakuan pengenaan pajak pendapatan nilai (PPN) untuk avtur bagi penerbangan domestik di Indon…

BERITA LAINNYA