Mentan Tantang Pengurus DEKOPI Majukan Industri Kopi

Anggi Tondi Martaon    •    Senin, 12 Mar 2018 12:17 WIB
berita kementan
Mentan Tantang Pengurus DEKOPI Majukan Industri Kopi
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melantik pengurus DEKOPI periode 2018-2022 (Foto:Dok.Kementan)

Jakarta: Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman menantang Dewan Kopi Indonesia (DEKOPI) memajukan industri kopi nusantara. Hal itu disampaikannya saat melantik pengurus DEKOPI periode 2018-2022.

Pada acara pelantikan yang juga dihadiri Ketua MPR RI Zulkifli Hasan itu, Mentan meminta pengurus DEKOPI menjadikan produk kopi nasional menjadi nomor wahid sedunia.

Pembantu Presiden asal Bone, Sulawesi Selatan itu menyebutkan, DEKOPI tidak sendirian dalam mencapai target tersebut. Dewan yang diketuai oleh Anton Apriantono akan dibantu oleh pemerintah, salah satunya pengalokasian anggara dari pemerintah melalui APBN sebesar Rp2,2 triliun untuk mengembalikan kejayaan rempah termasuk didalamnya adalah pengembangan kopi. 

"Kerja sama dengan Dewan Kopi Indonesia diharapkan menjadi langkah yang lebih mudah untuk mencapai tujuan bersama," ucap menteri kelahiran Bone, 27 April 1968 itu.

Lebih jauh, pria pemegang beberapa hak paten produk pertanian itu menjelaskan, program untuk memajukan sektor kopi yang dilakukan oleh pemerintah tak jauh seperti jagung nasional yang sudah berkembang hingga berhasil ekspor ke beberapa negara. 

Selain itu, pemerintah juga nantinya akan bersinergi dengan para pelaku usaha kopi, baik itu eksportir, pebisnis warung kopi, penangkar bibit dan para petani. Caranya semua pelaku usaha membagi habis pengembangan kopi ini berdasarkan wilayah kerja masing masing. 

Pelaku usaha bermitra dan membina petani kopi. Eksporter untuk membawahi penangkar bibit. Para petani berproduksi kopi dari hulu sampai hilir. Pola ini diyakini bisa membangkitkan gairah para petani untuk membudidayakan kopi," terang ayah dari empat anak tersebut.

Sebagai informasi, pengukuhan Pengurus Dewan Kopi Indonesia dilakukan Mentan Amran Sulaiman. Periode DEKOPI tahun 2018 -2022 itu dinakhodai oleh Anton Apriantono. Sebelum pengukuhan, pengurus inti organisasi juga membaca sebuah ikrar yang secara umum berkomitmen memajukan kopi Indoneisa. Pembacaan ikrar itu juga diikuti oleh seluruh pengurus Dewan Kopi Indonesia.

"Tentu ini hari yang bersejarah di Indonesia. Pengukuhan pengurus ini sendiri langsung ditetapkan menjadi Hari Kopi Nasional," ujar Amran.


(ROS)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

4 hours Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA