IAI Berupaya Tingkatkan Kualitas Arsitektur di Indonesia

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 09 Mar 2018 13:37 WIB
properti
IAI Berupaya Tingkatkan Kualitas Arsitektur di Indonesia
Ilustrasi. (Foto: Antara/Aditya).

Jakarta: Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) menggelar Indonesian Architecture Convention (IAC) 2018 yang mengambil tema "Proposisi, Sebuah Proyeksi Paradigma Arsitektur". Pertemuan yang diikuti para arsitek dari Indonesia, Singapura, Malaysia, Vietnam, dan Thailand ini bertujuan untuk membahas langkah IAI dalam meningkatkan kualitas berarsitektur di Indonesia.

Melalui kegiatan ini, IAI sebagai pihak penyelenggara IAC 2018 juga mengajak para pelaku industri Arsitektur Indonesia untuk membuat sebuah proyeksi paradigma arsitektur ke depan, berdasarkan pengalaman yang sudah dan sedang dijalankan hingga saat ini.

"Tahun ini, kami mengharapkan para arsitek dapat merumuskan sebuah proposisi baru, sebuah gagasan mengenai arsitektur masa depan berdasarkan berbagai pengalaman dan apa yang sudah dikerjakan sampai dengan saat ini," kata Bendahara IAC 2018 Leonardo Awarsa Kesuma dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat, 9 Maret 2018.

Dalam kesempatan ini, Nippon Paint berkeinginan untuk meningkatkan pengetahuan terkait dunia arsitektur masa kini. Tepatnya, melalui dukungan sponsorship yang diberikan untuk membuat sebuah proyeksi paradigma arsitektur ke depan, berdasarkan pengalaman yang sudah dan sedang dijalankan hingga saat ini.

"Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan para arsitek akan berbagai informasi seputar dunia arsitektur, khususnya mengenai material bangunan terbaik. Salah satunya melalui informasi seputar produk cat kami, yang menggunakan teknologi termaju dan terdepan dalam bidang pengecatan," kata Perwakilan Nippon Paint Surabaya Thomas Ng.

Pada 2018, menjadi tahun kedua penyelenggaraan IAC di Indonesia. Sebanyak 500 arsitektur dari Indonesia dan empat negara Asia Tenggara lainnya hadir pada IAC 2018 ini. IAC sendiri diselenggarakan pertama kalinya pada 2017 lalu dan dihadiri tak kurang dari 300 arsitek dari Indonesia.

Selain menampilkan pameran, sederet kegiatan lain yang digelar panitia IAC 2018 yaitu Seminar, Workshop, IAI Events seperti pemberian IAI Jatim Awards, Musyawarah dan Rakernas IAI Nasional, bazaar makanan serta kegiatan komunitas.

 


(AHL)