BPJS Kesehatan Buka Aduan Bagi Layanan RS yang Buruk

Eko Nordiansyah    •    Rabu, 04 Oct 2017 20:13 WIB
bpjs kesehatan
BPJS Kesehatan Buka Aduan Bagi Layanan RS yang Buruk
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memastikan masyarakat bisa melaporkan rumah sakit (RS) yang memberikan layanan tidak sesuai bagi peserta BPJS Kesehatan. Khususnya bagi RS yang sudah bermitra dengan BPJS Kesehatan.

Staf Ahli Direksi Bidang Komunikasi dan Partisipasi Masyarakat BPJS Kesehatan, Irfan Humaidi mengatakan, laporan masyarakat demi perbaikan layanan BPJS Kesehatan dan tidak ada pengurangan manfaat bagi peserta BPJS Kesehatan.

"Saya tegaskan tidak ada pengurangan manfaat, kalau ada kasus apapun rumah sakit, bisa melakukan pengaduan agar bisa dilakukan tindakan," kata Irfan dalam sebuah diskusi di Harmoni, Jakarta Pusat, Rabu 4 Oktober 2017.

Irfan menambahkan, masyarakat yang melapor juga diminta untuk memberikan informasi terkait RS yang dimaksud. Hal ini sebagai tindak lanjut BPJS Kesehatan untuk mengklarifikasi masalah yang terjadi dalam setiap pelayanan.

"Harus spesifik, rumah sakitnya mana, kejadiannya kapan, identitas pesertanya siapa, kalau perlu nomor yang bisa dihubungi. Supaya bisa ditindaklanjuti oleh manajemen, kalau tidak spesifik kami sulit tindak lanjutnya," jelas dia.

Lebih lanjut, Irfan memastikan jika setiap aduan yang masuk akan ditindaklanjuti oleh manajemen. Dengan begitu, BPJS Kesehatan bisa memberikan pelayanan prima bagi para peserta dan memberikan efek jera bagi RS yang tidak menjalankan kewajibannya.

"Bagi masyarakat yang ingin melakukan pengaduan atau pelaporan terhadap program layanan kesehatan yang diperoleh dari rumah sakit yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, bisa menghubungi 1500 400 itu 24 jam, bisa juga melalui twitter, facebook atau email BPJS Kesehatan," pungkasnya.


(Des)