Menteri BUMN Lepas Keberangkatan 400 Bus Angkutan Mudik

Suci Sedya Utami    •    Sabtu, 09 Jun 2018 11:25 WIB
Mudik Lebaran 2018
Menteri BUMN Lepas Keberangkatan 400 Bus Angkutan Mudik
Menteri BUMN Rini Soemarno saat melepas para pemudik (Foto: Medcom.id/Suci Sedya Utami)

Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno bersama jajaran di Kementerian BUMN melepas keberangkatan pemudik gratis yang diinisiasi oleh 62 perusahaan pelat merah. Jumlah perusahaan yang melakukan sinergi mudik ini tercatat naik sebanyak 121,4 persen dibandingkan dengan tahun lalu.

"Ada 62 BUMN yang saya rekam. Saya sempat kaget pas datang banyak sekali busnya," kata Rini, di Pantai Karnaval Ancol, Jakarta Utara, Sabtu, 9 Juni 2018.

Pada pelepasan pemudik kali ini ada sekitar 400 bus yang diberangkatkan dengan jumlah pemudik mencapai sekitar 26 ribu. Adapun tahun ini total bus yang dipersiapkan mencapai 3.490 bus dengan jumlah penumpang yang terdaftar sebanyak 206 ribu.

Tidak hanya bus, lanjut Rini, moda transportasi yang menjadi fasilitas lain untuk pemudik yakni kereta api sebanyak 37 rangkaian, pesawat 52 penerbangan, dan kapal laut 98 perjalanan. Mudik gratis ini melayani 177 kota tujuan seluruh Indonesia dengan total kota keberangkatan sebanyak 61 kota.

Untuk tujuan mudik masih didominasi ke Jawa Tengah dan Jawa Timur. Rini mengatakan mudik sudah menjadi budaya turun temurun di mana transpaortasi yang paling banyak digunakan yaitu sepeda motor. Namun sepeda motor diketahui memiliki risiko yang lebih tinggi terhadap keselamatan.

Oleh karenanya, mantan Menteri Perindustrian dan Perdagangan ini berharap, dengan adanya mudik gratis dari BUMN diharapkan bisa menekan angka kecelakaan "Kita bisa menyediakan mudik bareng seperti ini supaya pengguna motor enggak terlalu banyak. Coba bayangkan ke Surabaya atau Solo naik motor, itu sangat membahayakan," pungkas  dia.

 


(ABD)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

1 day Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA