Lirik Empat Bisnis Sampingan yang 'Menggiurkan'

   •    Selasa, 10 Apr 2018 19:01 WIB
tips keuangan
Lirik Empat Bisnis Sampingan yang 'Menggiurkan'
Bisnis pulsa elektrik menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan. (FOTO: ANTARA/Risyal)

TIDAK hanya kerja menjadi karyawan, Anda harus memiliki usaha sampingan untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Semakin banyaknya kebutuhan yang serba mahal membuat Anda harus memiliki bisnis sampingan selain mendapatkan gaji dari bekerja sebagai karyawan. Banyak peluang bisnis untuk Anda yang mau menjalani usaha berikut ini usaha sampingan yang harus Anda ketahui.

1. Bisnis investasi.
Tren bisnis investasi seperti tidak ada matinya. Ini salah satu bisnis sampingan yang hampir tidak membutuhkan usaha apa-apa. Anda tetap bisa menjalankannya di tengah kesibukan aktivitas yang padat. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menggelontorkan dana untuk membeli aset yang bernilai kemudian menjualnya kembali. Bisa dalam waktu singkat atau panjang. Saat harga jual jauh lebih tinggi dengan harga beli, maka Anda mendapatkan keuntungan dari selisih harga tersebut.

Semakin tinggi margin, potensi keuntungan yang didapatkan pun semakin besar. Pilihan yang bisa dicoba untuk usaha ini adalah membeli beberapa properti dengan harga rendah, seperti tanah, rumah, perhiasan, kendaraan, dll lalu menjualnya kembali.

2. Bisnis pulsa elektrik.
Jenis usaha sampingan satu ini tergolong enteng dijalankan, modalnya kecil, dan fleksibel. Sebab, untuk menjalankan bisnis pulsa elektrik bisa di mana saja. Termasuk misalnya di lokasi tempat kerja, yang mana kalau bisnis sampingan lain harus memiliki tempat khusus.

Meskipun margin keuntungan yang didapatkan tidak banyak untuk setiap kali transaksi, tapi nilainya akan besar manakala jumlah pembeli atau pelanggan cukup banyak. Terutama misalnya di lokasi kerja di mana ada banyak rekan kerja yang membutuhkan pulsa setiap harinya.

Untuk memulai bisnis pulsa elektrik, Anda mungkin bisa menanamkan modal awal dari angka Rp500 ribu hingga Rp1 juta. Bisa juga lebih besar dari itu.

3. Bisnis periklanan.
Bisnis ini merupakan salah satu bisnis sampingan yang bisa dikatakan tidak butuh modal. Yang diperlukan hanya terjun ke lapangan mencari relasi. Saat ini bisnis periklanan masih sangat menjanjikan. Potensinya selalu ada meskipun persaingannya juga cukup ketat. Untuk memulai bisnis periklanan, Anda bisa bekerjasama dengan perusahaan yang menyediakan jasa iklan, semisal televisi, surat kabar, atau pun media online.

Usahakan perusahaan yang telah memiliki nama atau pengaruh. Tugas Anda selanjutnya mintalah untuk menjadi tenaga pemasar iklan di media tersebut dengan kompensasi bagi hasil iklan. Misalnya, setiap kali Anda mendatangkan pengiklan yang membayar Rp1 juta untuk satu kali tayang/terbit, Anda bisa meminta komisi 50 persen, dan seterusnya. Bisnis periklanan ini juga bisa Anda jalankan di sisa waktu luang, tanpa mengganggu pekerjaan utama.

4. Bisnis ternak.
Kebutuhan pasokan daging di Tanah Air cenderung meningkat, bahkan seringkali persediaannya kurang. Karena itu bisnis ternak selalu menjanjikan untuk ditekuni. Keuntungan yang didapatkan besar, tapi untuk memulainya juga tidak rumit.

Jika Anda ingin menjadikannya sebagai usaha sampingan, maka ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, seperti adanya pekerja yang berfungsi mengambil alih tugas Anda untuk mengurusi ternak tersebut. Misalnya merawat ternak, memberi pakan, menjaga, dan lain-lain. Biaya untuk memulai usaha ternak ini juga bisa dimulai dari modal yang minim.

Download e-book terbaru dari Tung Desem Waringin "61 Rahasia Menjadi Kaya". Klik di Sini untuk Download.


(AHL)