Pembayaran Global Syariah jadi Incaran Teknologi Digital

Ilham wibowo    •    Rabu, 08 Aug 2018 14:36 WIB
teknologi
Pembayaran Global Syariah jadi Incaran Teknologi Digital
CEO PT Envy Technologies Indonesia Mohd Sopiyan Rashdi batik hijau (paling tengah). Medcom/ilham Wibowo.

Jakarta: Bisnis digital di Indonesia dianggap menjanjikan dalam prospek pengembangan investasi. Layanan pendukung infrastruktur revolusi industri generasi keempat itu pun bermunculan dalam bentuk pemanfaatan perkembangan teknologi ekonomi.

Perubahan gaya transaksi modern itu juga dilakukan perusahaan penyedia jasa sistem teknologi PT Envy Technologies Indonesia. Sektor pembayaran global syariah akan fokus untuk dikembangkan dalam layanan berbasis perdagangan elektronik (e-commerce), teknologi finansial (Fintech), Internet of Things (IoT), serta Artificial Intelligence (AI).

"Sistem kami syariah, halal dari segi kita orang muslim, teknologi harus dilandasi keimanan," ujar CEO PT Envy Technologies Indonesia Mohd Sopiyan Rashdi dalam sebuah seminar di Crowne Plaza, Jakarta, Rabu, 8 Agustus 2018.

Dia bilang, pasar digital Indonesia juga menjadi daya tarik lantaran tengah dilakukan percepatan pembangunan infrastruktur revolusi industri 4.0. Pertumbuhan ekonomi keuangan syariah Indonesia juga kini diperhitungkan dalam memperluas pangsa pasar.

Bertumbuhnya ekonomi digital pun dinilai sejalan dengan ekonomi keuangan syariah di Indonesia yang bakal turut tumbuh pesat. Gaung layanan keuangan syariah pun perlu menjamah cakupan lebih besar khususnya di daerah pelosok. Edukasi dan sosialisasi juga perlu terus dilakukan ihwal pentingnya kombinasi antara industri keuangan syariah dengan teknologi digital.

"Kami siapkan aplikasinya, pembayaran syariah kini punya platform untuk mendukung Indonesia dengan mayoritas penduduk muslim menjadi pusat keuangan syariah dunia," ujarnya.

Menurut Sopiyan, saat ini pihaknya telah resmi bekerja sama dengan beragam lembaga keuangan syariah di Tanah Air seperti organisasi masyarakat (Ormas) Islam maupun perbankan. Lembaga filantropi serta bidang properti pun diajak dalam membangun ekosistem keuangan syariah digital yang berkelanjutan dan terciptanya transparasi aliran dana.

"Target utama adalah mengurangi tingkat kemiskinan di kalangan umat muslim dan peningkatan investasi syariah di Indonesia," pungkas dia.

 


(SAW)


Perpres DNI Rampung Pekan Depan

Perpres DNI Rampung Pekan Depan

1 week Ago

Pemerintah mempercepat penyelesaian rancangan per-aturan presiden (Perpres) mengenai Daftar Neg…

BERITA LAINNYA