Perlunya Fasilitas Pendukung untuk Industri Mobil Listrik

Dheri Agriesta    •    Rabu, 29 Aug 2018 15:44 WIB
mobil listrik
Perlunya Fasilitas Pendukung untuk Industri Mobil Listrik
Illustrasi. Dok: AFP.

Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai pengembangan industri mobil listrik tak hanya bergantung kepada peraturan presiden (Perpres). Ketersediaan fasilitas dinilai penting mendukung keberlangsungan industri itu.

Kalla mengatakan pengembangan teknologi harus menjadi perhatian utama dalam industri mobil listrik. Karena, mobil listrik membutuhkan fasilitas serta pengisian daya yang berbeda dengan mobil biasa.

"Maka seluruh Indonesia atau seluruh Jawa mesti ada instalasi colokan (listrik) di SPBU, kalau tidak ada itu bagaimana?", kata Kalla di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Rabu, 29 Agustus 2018.

Pemerintah segera mendorong pengadaan fasilitas itu. Pemerintah akan berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait untuk menyinkronisasikan hal ini.

"Jadi industrinya, mobilnya, fasilitasnya, colokan-colokan, dan juga efisiensi industri itu sendiri dapat bersaing enggak dengan BBM," jelas Kalla.

Presiden Joko Widodo telah menerima rancangan Peraturan Presiden (Perpres) untuk mendorong pengembangan mobil listrik sejak awal tahun. Namun, delapan bulan berlalu, Presiden tak kunjung meneken perpres itu.


(SAW)