Menteri Koperasi Ajak Daerah Lain Tiru Badan Usaha Lorong Makassar

Andi Aan Pranata    •    Kamis, 13 Jul 2017 10:48 WIB
koperasi
Menteri Koperasi Ajak Daerah Lain Tiru Badan Usaha Lorong Makassar
Menkop UMKM AA Gede Puspayoga menyematkan pin penghargaan bagi Wali Kota Makassar Danny Pomanto. (FOTO: MTVN/Andi Aan Pranata)

Metrotvnews.com, Makassar: Menteri Koperasi dan UMKM Anak Agung Gede Puspayoga mengajak para kepala daerah di Indonesia menerapkan konsep koperasi yang tengah dikembangkan di kota Makassar, Sulawesi Selatan. Bernama Badan Usaha Lorong (BULo), konsep tersebut dianggap mampu mengoptimalkan partisipasi masyarakat serta menguntungkan perekonomian daerah.

"Bupati dan wali kota harus belajar BULo ke Makassar. Program ini sangat bagus dan layak dicontoh, karena sudah kelihatan hasilnya,” kata Puspayoga saat menghadiri rangkaian peringatan Hari Koperasi Nasional di Makassar, Rabu 12 Juli 2017.

Badan Usaha Lorong merupakan usaha bersama yang diinisiasi masyarakat terutama komunitas lorong di Makassar. Pada prakteknya, badan ini secara swadaya mengembangkan budidaya cabai pada kebun di lorong-lorong pemukiman sebagai tanaman bernilai ekonomis.

Wali Kota Makassar Danny Pomanto mengatakan, hasil penjualan tanaman cabai dimanfaatkan untuk kepentingan bersama. Sebanyak 30 persen masuk kas koperasi, 30 persen untuk membiayai pendidikan anak-anak setempat, sedangkan 40 persen diberikan kepada masing-masing kepala keluarga pengelola.

Saat ini tercatat 700 BULo pada 15 kecamatan se-Makassar. Meski baru berjalan satu tahun, BULo diklaim telah berperan besar terhadap perekonomian daerah. Salah satunya indikatornya, menurut Danny, yakni mendorong pengendalian inflasi.

"Lorong merupakan inti sel di kota ini. Sedangkan cabai dipilih karena bernilai ekonomi tinggi. Hasilnya, saat Ramadan tahun ini, Makassar mengalami deflasi 0,32 persen. Salah satunya karena peran badan usaha lorong ini," ujar Danny.

Lebih lanjut, Danny menyatakan kesiapan kotanya menjadi tempat belajar bagi daerah lain. Adapun Menteri Puspayoga berjanji mendukung penuh pelaksanaan program pemerintah daerah yang pro rakyat seperti BULo.

"Kami selalu mendukung. Apalagi dengan konsep seperti ini, masyarakat terbantu secara swadaya dan swadana," pungkas Puspayoga.

 


(AHL)