Sri Mulyani: Penerimaan Pajak yang Baik untuk Kejar MDG's

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 12 Jul 2017 16:12 WIB
perpajakan
Sri Mulyani: Penerimaan Pajak yang Baik untuk Kejar MDG's
Illustrasi Pajak (ANT/Umarul Faruq).

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan penerimaan pajak bagi Indonesia bukan sekadar untuk meningkatkan dan mengejar pendapatan semata. Bagi dia, penerimaan pajak yang baik yakni untuk mengejar tujuan pembangunan berkelanjutan atau Milenium Development Goal's (MDG's) program yang telah ditekankan oleh hampir seluruh negara di dunia.

Apalagi kata dia, Indonesia memiliki tujuan untuk mengurangi kemiskinan, menciptakan kesejahteraan dan juga menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas.

baca : UU Perpajakan Harus Cerminkan Keadilan

"Penerimaan yang baik bisa digunakan untuk mengejar MDG's dan pembangunan," kata Ani dalam international tax conference di Hotel Mulia, Jakarta Selatan, Rabu 12 Juli 2017.

Dalam forum tersebut, Ani menjelaskan untuk mendorong penerimaan pajak yang menjadi modal bagi pendanaan pembangunan, Pemerintah Indonesia telah mengambil kebijakan reformasi perpajakan termasuk di dalamnya menerapkan tax amnesty atau pengampunan pajak.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini bilang pelaksanaan tax amnesty dilakukan agar pemerintah memiliki data tambahan mengenai basis pajak selain di dalamnya juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak demi tujuan pemerataan.

"Jadi bagi Indonesia penerimaan pajak untuk menekan kemuskinan, membangun infrastruktur dan menaikkan kesejahteraan," jelas dia.

 


(SAW)