Bulog Jamin Kebutuhan Beras di Bali Terpenuhi

   •    Sabtu, 13 May 2017 17:43 WIB
bulog
Bulog Jamin Kebutuhan Beras di Bali Terpenuhi
Ilustrasi. (FOTO: ANTARA/Dedhez Anggara)

Metrotvnews.com, Denpasar: Perum Bulog Divisi Regional Bali menjamin kebutuhan beras di Pulau Dewata terpenuhi terutama menjelang Lebaran karena stok saat ini mencapai sekitar 15 ribu ton untuk pasokan enam bulan mendatang.

"Kami jamin stok beras di Bali aman karena kami sudah antisipasi dengan menyediakan stok hingga 15 ribu ton," kata Kepala Bidang Pengadaan dan Operasional Bulog Bali Ketut Ginada di Denpasar, seperti dikutip dari Antara, Sabtu 13 Mei 2017.

Ia menambahkan rata-rata konsumsi beras di Pulau Dewata pada hari biasanya mencapai sekitar 2.600 ton per bulan. Menurut Ginada, belasan ribu ton beras tersebut ditempatkan di sembilan gudang yang tersebar di beberapa kabupaten di Bali yang sewaktu-waktu dapat dialokasikan kepada masyarakat.

Gudang tersebut di antaranya di Jimbaran, Batubulan, Klungkung, Bangli, Sempidi, Kediri 1 dan 2, Penyaringan Jembrana dan Singaraja.




Sementara itu mengantisipai lonjakan kebutuhan beras, Bulog akan mengintensifkan kegiatan penyaluran beras untuk masyarakat ekonomi rendah atau beras keluarga sejahtera (rastra) sesuai dengan permintaan dari pemerintah daerah.

Untuk itu, Ia mengimbau pemda untuk segera mengirimkan surat permintaan alokasi (SPA) kepada Bulog Bali untuk didistribusikan kepada masyarakat sehingga diharapkan kebutuhan masyarakat akan beras tercukupi.

Beras rastra itu disalurkan per tiga bulan dengan total mencapai 6.000 ton. Dari sembilan kabupaten/kota di Bali, lanjut dia, Kabupaten Karangasem dan Badung yang masih belum mengirimkan permintaan karena data penerima beras rastra masih dibahas dalam musyawarah desa.

Ginada mengatakan semakin cepat beras itu didistribusikan maka kualitas beras juga semakin baik karena apabila didiamkan di gudang terlalu lama juga mempengaruhi kualitas beras.


(AHL)