Pembiayaan BNI Syariah Naik Selama Ramadan

Eko Nordiansyah    •    Sabtu, 17 Jun 2017 12:35 WIB
bni syariah
Pembiayaan BNI Syariah Naik Selama Ramadan
Ilustrasi. (FOTO: ANTARA/AKBAR NUGROHO GUMAY)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bank BNI Syariah menyebutkan jika pembiayaan selama Ramadan mengalami kenaikan. Bukan hanya untuk pembiayaan yang konsumtif, tetapi kenaikan juga dialami oleh pembiayaan yang sifatnya produktif.

Direktur Bisnis Bank BNI Syariah Dhias Widhiyati mengatakan, kenaikan terutama di pembiayaan yang terhubung (linkage) dengan pihak lainnya seperti koperasi dan Baitul Mal wa Tanwil (BMT).

"Jadi koperasi atau BMT, itu kan di daerah itu banyak sekali anggotanya mengajukan pinjaman. Penarikannya luar biasa, terutama di bulan ini di 10 hari terakhir ini," ujarnya di Masjid Agung Al-Azhar, Kebayoran, Jakarta Selatan, Jumat malam 16 Juni 2017.

Penarikan pembiayaan yang telah disalurkan oleh anak usaha PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI sudah mencapai Rp300 miliar. Padahal para periode biasanya, penarikan pembiayaan dalam sebulan hanya sekira Rp50 miliar hingga Rp70 miliar.

"Kalau yang konsumtif itu tertinggi di Fleksi, sampai 26 persen sampai dengan Mei. Di Ramadan belum terekam karena ini sudah 16 hari saya belum lihat datanya," jelas dia.

Sementara itu, secara keseluruhan total pembiayaan yang telah disalurkan oleh Bank BNI Syariah sudah tumbuh 12 persen sampai dengan Mei 2017. Pertumbuhan ini diharapkan akan lebih tinggi tercermin dari penarikan pembiayaan oleh masyarakat.

"Kuartal II hanya sekira empat sampai lima persen, year on year (yoy) dari Mei 2016 ke Mei 2017 untuk komersial tumbuh 12 persen. Kalau yang konsumtif jauh lebih tinggi 17 persen. Itu drive-nya dari Fleksi, yang kredit pembiayaan untuk employee," pungkasnya.


(AHL)